Siapakah Charles Butt?

Siapakah Charles Butt?
Charles Butt/newsroom.heb.com
Charles Butt adalah pemimpin HEB Grocery Company, perusahaan yang membawahi jaringan supermarket di Texas dan Meksiko. Perusahaan itu merupakan warisan turun temurun dari neneknya ke ayahnya, lalu kepada dirinya.

Lahir pada 3 Februari 1938 di San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Charles Butt adalah anak pasangan Howard Edward Butt Sr. dan Mary Elizabeth Holdsworth, sekaligus cucu Florence Butt, yang mendirikan HEB Grocery Company pada tahun 1905.

Asal usul HEB Grocery Company memang diawali oleh nenek Charles Butt, yaitu Florence Butt. Pada 1905, suami Florence Butt—yang merupakan kakek Charles Butt—menderita sakit tuberkulosis, sehingga tidak dapat bekerja.

Untuk menopang kehidupan mereka, Florence Butt membuka warung kecil-kecilan di rumah. Warung itu perlahan-lahan tumbuh menjadi toko, dan diberi nama Toko HEB. Sebenarnya, nama itu merupakan singkatan nama anaknya, Howard Edward Butt.

Ketika Florence Butt meninggal dunia, Toko HEB telah menjadi toko kelontong lumayan besar yang menjual aneka macam barang. Setelah Florence Butt dan suaminya meninggal, usaha toko kelontong itu pun diwarisi anaknya, Howard Edward Butt, pada 1920.

Oleh Howard Butt, toko itu terus dikembangkan hingga makin membesar, dan mulai membangun toko-toko cabang. Pada akhirnya, jaringan toko kelontong itu berubah menjadi toko modern atau supermarket, dengan nama HEB.

Untuk mengelola jaringan supermarket tersebut, Howard Butt pun mendirikan perusahaan induk bernama HEB Grocery Company. Di tangan Howard Butt, jaringan supermarket di bawah HEB Grocery Company berkembang di seluruh Texas.

Pada 1971, ketika Howard Butt meninggal, perusahaan serta jaringan supermarket itu diwarisi anaknya, yakni Charles Butt. Sebenarnya, Charles Butt telah membantu usaha ayahnya sejak berusia 8 tahun. Bahkan, dia telah dipersiapkan untuk meneruskan usaha keluarga tersebut, karenanya dia dikuliahkan di Harvard Business School, hingga mendapat gelar Master of Business Administration.

Di tangan Charles Butt, usaha warisan keluarga itu terus berkembang dengan sentuhan modernisasi dari tampilan bangunan supermarket sampai manajemen. Pada saat ini, jaringan supermarket HEB telah berjumlah 311 buah di wilayah Texas, dan 47 buah di Meksiko.

HEB Grocery Company juga menjadi salah satu perusahaan swasta terbesar di Amerika. Karenanya, Charles Butt diketahui memiliki kekayaan senilah 12,3 miliar dollar, yang menjadikannya masuk daftar orang-orang terkaya di dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh Bisnis 2961812960583842985

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item