Siapa Orang Terkaya di Dunia?


Saat ini, orang terkaya di dunia adalah Bill Gates, yang memiliki kekayaan sebesar 79,2 miliar dollar.

Bill Gates adalah pendiri Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Ia lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, AS, dengan nama William Henry Gates III. Dia sekolah di Lakeside School dan lulus pada 1973 dengan nilai nyaris sempurna, kemudian melanjutkan kuliah dengan mendaftar ke Harvard University.

Kecintaan Bill Gates pada komputer telah tumbuh sejak masih belia. Saat pertama kali melihat komputer di sekolahnya, dia langsung jatuh cinta pada benda itu. Kecintaan pada komputer membuat Bill Gates mempelajari cara kerja mesin tersebut, hingga tahu bagaimana membuat program-program di dalamnya.

Pada 1974, Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) memproduksi komputer Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080. Komputer itu belum memiliki program yang bisa dijalankan. Bill Gates menawari MITS untuk membuat program buat komputer produk mereka. MITS setuju dan menerima tawaran itu. Lalu Bill Gates bersama temannya—Paul Allen—membuat sistem operasi yang dinamai Altair Basic.

Untuk keperluan proyek itu, Paul Allen dipekerjakan di MITS, sementara Bill Gates mengembangkan sistem operasi yang mereka ciptakan. Kesibukan itu akhirnya membuat Bill Gates dan Paul Allen meninggalkan kuliahnya di Harvard, dan mereka tak pernah kembali lagi ke kampus. Pada 1975, mereka bahkan mendirikan perusahaan bernama “Micro-Soft”, yang memproduksi perangkat lunak untuk komputer. Satu tahun kemudian, pada 26 November 1976, tanda hubung pada “Micro-Soft” dihapus, hingga menjadi “Microsoft”.

Keahlian Bill Gates bersama Microsoft dalam menulis bahasa pemrograman untuk komputer semakin dikenal luas. Pada 1980, IBM meminta Bill Gates membuat sistem operasi untuk komputer produk mereka, dan Bill Gates pun membuatkannya dengan nama QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-DOS. Untuk hal tersebut, Bill Gates menerima imbalan 50.000 dollar.

Meski begitu, hak cipta perangkat lunak atau sistem operasi itu masih milik Bill Gates/Microsoft. Karenanya, untuk setiap penjualan komputer IBM yang didalamnya terdapat sistem operasi milik Microsoft, IBM membayar royalti kepada Bill Gates. Dari situlah kemudian Microsoft menjadi pemain utama perangkat lunak dalam industri komputer, hingga akhirnya tumbuh menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

Selain mendirikan Microsoft, Bill Gates juga memiliki saham di berbagai tempat, dan mendirikan beberapa perusahaan lain. Pada 1989, ia mendirikan Corbis, perusahaan gambar digital. Ia juga mendirikan Cascade Investments LLC, perusahaan investasi dan holding swasta di AS. Ada pula bgC3, perusahaan yang merupakan wadah pemikir, dan TerraPower yang menjadi perusahaan desain reaktor nuklir.

Dari Microsoft dan berbagai bisnis serta saham yang dimilikinya, Bill Gates diketahui memiliki kekayaan hingga 79,2 miliar dollar, dan menempati peringkat teratas sebagai orang terkaya di dunia.

Sebenarnya, Bill Gates telah dinyatakan sebagai miliuner sejak 1987, ketika usianya baru 31 tahun. Waktu itu, dia memiliki kekayaan hingga 1,25 miliar dollar. Sejak itulah, kekayaannya terus meningkat naik. Dari 1995 sampai sekarang, bisa dibilang Bill Gates terus menempati posisi teratas sebagai orang terkaya di dunia.

Pada tahun 2000, Bill Gates dan istrinya—Melinda—mendirikan yayasan amal bernama Bill & Melinda Gates Foundation, yang saat ini merupakan yayasan amal yang beroperasi secara transparan terbesar di dunia. Yayasan itu mengizinkan para donatur mengakses informasi tentang bagaimana uang yayasan digunakan. Tujuh tahun kemudian, pada 2007, Bill Gates dan istrinya dinobatkan sebagai filantropis paling dermawan kedua di Amerika Serikat, dengan sumbangan untuk amal sebanyak 28 miliar dollar.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar