Apa Perbedaan Komputer Built-up dan Komputer Rakitan?

 Apa Perbedaan Komputer Built-up dan Komputer Rakitan?
Komputer/unitri.ac.id
Di pasaran, kita sering mendengar istilah komputer rakitan dan komputer built-up. Bagi yang baru mengenal komputer, kedua istilah itu bisa membingungkan. Apa perbedaannya?

Komputer built-up adalah komputer yang dibuat langsung oleh perusahaan pembuatnya, dengan segala spesifikasi dan spare part yang telah mereka pilih dan tentukan. Karenanya, saat membeli komputer built-up, kita menerima jadi, tak jauh beda dengan membeli radio atau televisi.

Sedangkan komputer rakitan adalah komputer yang dirakit sendiri, bisa oleh si penjual komputer, bisa pula oleh si pembeli. Karenanya, membeli komputer rakitan biasanya lebih fleksibel, karena kita bisa memilih spare part dan spesifikasi—dari harddisk sampai RAM—yang diinginkan, sesuai anggaran yang kita miliki.

Semakin tinggi spesifikasi yang dipilih, harga atau biayanya semakin mahal. Setelah semua part dipilih, semuanya kemudian dirakit hingga menjadi komputer utuh.

Mana lebih bagus, komputer rakitan atau komputer built-up? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Komputer rakitan menawarkan fleksibilitas yang dapat disesuaikan dengan selera dan anggaran yang kita punya.

Namun, karena dirakit tangan manusia, tingkat presisi komputer rakitan biasanya tidak sebaik komputer built-up. Karenanya tidak heran jika komputer rakitan tidak setangguh komputer built-up.

Di sisi lain, komputer built-up dibeli dalam bentuk jadi, dan biasanya harganya lebih mahal. Namun, karena umumnya komputer built-up dirakit perusahaannya langsung, dan biasanya dilakukan oleh mesin, tingkat presisinya sangat bagus, sehingga kualitas dan daya tahannya juga hebat.

Aneka software yang diinstal di dalamnya juga orisinal. Umumnya pula, komputer built-up jauh lebih awet dibanding komputer rakitan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8140377929235176253

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item