Bagaimana Cara Kerja Otak Manusia?

Bagaimana Cara Kerja Otak Manusia?
Otak manusia/beritagar.id
Otak manusia terdiri dari tiga bagian dasar, yang masing-masingnya memiliki struktur saraf tertentu, dan mengatur tugas-tugas yang harus dilakukan. Tiga bagian tersebut adalah batang otak, sistem limbik, dan neokorteks.

Dalam sistem evolusioner, batang otak adalah bagian pertama yang berkembang. Bagian ini disebut pula otak reptil, dan memiliki unsur-unsur yang sama dengan reptilia, dan merupakan komponen kecerdasan terendah dari spesies manusia. Bagian otak bertanggung jawab atas fungsi-fungsi motor sensor-pengetahuan mengenai realitas fisik yang berasal dari panca indera.

Perilaku yang ada dalam otak reptil berhubungan dengan insting mempertahankan hidup, juga dorongan untuk mengembangkan spesies. Ketika seseorang merasa tidak aman, otak reptil secara spontan akan bangkit dan bersiaga untuk menghadapinya, atau untuk melarikan diri dari bahaya.

Kemudian, di sekeliling otak reptil terdapat sistem limbik yang sangat kompleks dan halus. Dalam sistem evolusioner, sistem ini sangat canggih, dan merupakan bagian yang dimiliki semua mamalia. Sistem limbik terletak di bagian tengah otak manusia.

Fungsinya bersifat emosional dan kognitif, yaitu menyimpan perasaan, pengalaman menyenangkan, memori, serta kemampuan belajar. Selain itu, sistem limbik juga mengendalikan bioritme, seperti pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperatur dan kimia tubuh, metabolisme, dan kekebalan.

Sistem limbik merupakan bagian penting dalam mempertahankan kehidupan manusia. Hal itu karena bagian otak yang mengendalikan emosi juga mengendalikan semua fungsi tubuh yang menjelaskan mengapa emosi dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan.

Sistem limbik adalah panel kontrol utama manusia yang menggunakan informasi dari indera pendengaran, penglihatan, sensasi tubuh, hingga indera peraba dan penciuman sebagai inputnya. Kemudian, informasi tersebut didistribusikan ke bagian pemikir, yang disebut neokorteks.

Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi limbik, yang membentuk 80 persen keseluruhan otak. Bagian otak ini merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan manusia. Fungsinya adalah mengatur pesan-pesan yang diterima melalui penglihatan, pendengaran, dan sensasi tubuh.

Proses yang berasal dari pengaturan ini adalah penalaran, berpikir secara intelektual, pembuatan keputusan, perilaku waras, penggunaan bahasa, kendali motorik sadar, hingga penciptaan gagasan nonverbal.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 4211629728041842696

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item