Tubuh Manusia Ternyata Bisa Bercahaya

Tubuh Manusia Ternyata Bisa Bercahaya
Ilustrasi: nationalgeographic.id
Berdasarkan studi, tubuh manusia ternyata bisa memancarkan cahaya, meski dalam kuantitas kecil pada tingkatan yang bisa naik dan turun per hari. Kenyataan itu diungkap oleh penelitian yang dilakukan tim ilmuwan di Jepang.

Sebelumnya, ada penelitian yang pernah menyimpulkan bahwa tubuh manusia dapat memancarkan cahaya yang terlihat seribu kali lebih redup dari tingkatan yang bisa terlihat oleh mata telanjang yang sangat sensitif.

Kenyataannya, secara virtual, semua makhluk hidup dapat memancarkan cahaya yang sangat lemah, yang diduga merupakan reaksi bioproduk dari biokimia yang menyertakan radikal bebas di dalamnya.

Untuk mengetahui hal itu lebih mendalam, Masaki Kobayashi dan timnya dari Tohoku Institute of Technology di Sendai, Jepang, mengadakan penelitian lanjutan. Dalam penelitian, mereka menggunakan kamera sensitif yang mampu mendeteksi setiap satuan energi cahaya. Lima orang pria sehat berusia 20 tahun ditempatkan di depan kamera di sebuah ruangan yang sangat gelap, dengan bertelanjang dada.

“Mereka ditempatkan dalam ruangan gelap gulita, dan menghadap kamera selama 20 menit, setiap tiga jam sekali,” ujar Masaki Kobayashi menceritakan studinya. “Uji coba ini diterapkan selama tiga hari, dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.”

Hasil uji coba menunjukkan, tubuh lima pria itu tampak bersinar dan meredup secara bergantian sepanjang hari. Titik minimum cahaya terjadi pada pukul 10 pagi, sementara titik maksimum pancaran cahaya terjadi pukul 4 sore hari.

Kenyataan itu diartikan bahwa pukul 10 pagi adalah titik redup paling rendah yang dipancarkan tubuh, sedangkan sinar paling benderang yang dihasilkan tubuh terjadi pada pukul 4 sore. Cahaya itu kemudian secara bertahap meredup secara perlahan.

Para ilmuwan memperkirakan, keberadaan sinar itu disebabkan oleh emisi cahaya yang berhubungan dengan jam tubuh kita, yang kemungkinan besar berhubungan dengan fluktuasi irama metabolisme yang ditampilkan tubuh sepanjang hari.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 102179856279919364

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item