Kapan Helm Berkendara Mulai Digunakan di Dunia?

 Kapan Helm Berkendara Mulai Digunakan?
Ilustrasi: selasar.com
Saat ini, helm telah menjadi peranti wajib pengendara sepeda motor, karena dapat melindungi kepala dari kemungkinan kecelakaan. Sejak kapan helm berkendara mulai diperkenalkan?

Merunut sejarah sepeda motor, kendaraan roda dua mulai diperkenalkan oleh Gottlieb Daimler pada 1885. Pada waktu itu, kecepatan sepeda motor masih sangat terbatas—belum mampu melaju secepat sekarang—sehingga bisa dibilang tidak terlalu berbahaya bagi pengendaranya.

Memasuki tahun 1931-1953, mulai lahir generasi baru sepeda motor yang berkecepatan tinggi. Fenomena itu kemudian melahirkan perlombaan adu cepat sepeda motor yang dilangsungkan secara rutin. Dua pabrik motor terkemuka, Harley-Davidson dan Indian Motorcycles di Amerika, menjadi dua penyelenggara ternama balapan motor saat itu.

Balapan sepeda motor itu kemudian menginspirasi para pemilik sepeda motor untuk memacu kencang kendaraannya di jalan umum. Mereka juga kadang terlibat balapan amatir di jalanan. Sejak itu, angka kecelakaan lalu lintas mulai meningkat, dan korbannya semakin banyak.

Kenyataan itu mengundang keprihatinan Prof. C.F. Lombard, guru besar di Universitas Southern California.

Dia lalu menganalisis penyebab jatuhnya korban meninggal dalam kecelakaan lalu lintas, dan menemukan bahwa kepala menjadi titik rawan yang harus dilindungi untuk menekan risiko korban kecelakaan. Dari penelitian itulah kemudian lahir alat pelindung kepala bagi pengendara motor yang disebut helm.

Pada 1953, Lombard mematenkan produk temuannya tersebut, dan menjadi cikal-bakal helm berkendara yang lalu menyebar ke berbagai penjuru dunia. Dari helm itu pula kemudian muncul banyak pemikiran menyangkut keamanan pengendara sepeda motor. Peraturan balap motor pun disempurnakan, supaya tidak sampai memakan korban jiwa.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 5534133927882688921

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item