Kapan Majalah Muncul di Indonesia?

Kapan Majalah Muncul di Indonesia?
Ilustrasi/huzni-mag.blog
Keberadaan majalah di Indonesia mulai dikenal pada masa menjelang dan awal kemerdekaan. Pada 1945, misalnya, terbit majalah bulanan bernama Panja Raja, yang dipimpin Markoem Djojo Hadisoeparto. Sejak itu, berbagai majalah lain mulai terbit, meski dengan wujudnya yang sederhana.

Pada masa awal kemerdekaan, muncul majalah Revue Indonesia yang diterbitkan oleh Soemanang, SH. Majalah itu bahkan telah mengemukakan gagasan mengenai perlunya koordinasi penerbitan majalah dan suratkabar dengan satu tujuan, yaitu menghancurkan sisa-sisa kekuasaan Belanda, mengobarkan semangat perlawanan rakyat terhadap bahaya penjajahan, menempa persatuan nasional utnuk keabadian kemerdekaan bangsa, dan penegakan kedaulatan rakyat.

Pada zaman Orde Lama, presiden Soekarno mengeluarkan pedoman resmi untuk penerbit suratkabar dan majalah di seluruh Indonesia. Pada masa itu perkembangan majalah belum bagus, karena jumlah majalah yang terbit masih sedikit.

Pada zaman Orde Baru, mulai banyak majalah yang terbit, dengan jenis yang cukup beragam. Hal itu sejalan dengan kondisi perekonomian bangsa Indonesia yang makin baik, serta tingkat pendidikan masyarakat yang makin maju.

Meski begitu, penerbitan majalah di masa Orde Baru sempat diwarnai pembredelan dan pengekangan kebebasan pers oleh pemerintah, salah satunya melalui prosedur perizinan. Setelah Orde Baru tumbang, berbagai majalah dan suratkabar pun bermunculan, saling bersaing memperebutkan pembaca, dan masing-masingnya mengalami seleksi alam—sebagian mampu bertahan, sebagian lain menghilang karena tak laku.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 5151483113277964012

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item