Bagaimana Proses Pencernaan Makanan Dalam Tubuh?

Bagaimana Proses Pencernaan Makanan Dalam Tubuh?
Ilustrasi/hellosehat.com
Proses pencernaan makanan dalam tubuh dimulai ketika makanan masuk ke dalam mulut kita. Di dalam mulut, makanan dihancurkan oleh gigi dengan bantuan air liur. Air liur manusia mengandung dua macam enzim pencernaan, yaitu enzim ptyalin dan enzim amilase.

Fungsi air liur adalah mempermudah proses pencernaan dengan mengikat makanan, sehingga makanan mudah ditelan.

Setelah melewati kerongkongan, makanan akan masuk ke dalam lambung. Di dalam lambung, makanan akan kembali dihaluskan dengan bantuan getah lambung. Getah lambung dan tekanan pada lambung akan membuat makanan lebih halus dan lebih cair, sehingga lebih mudah masuk ke dalam usus halus.

Dalam usus halus tidak lagi terjadi proses penghalusan makanan. Usus halus hanya berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan yang terkandung dalam makanan yang masuk. Setelah itu, ampas makanan yang tidak diserap oleh usus halus akan bergerak menuju usus besar.

Proses pencernaan dalam usus besar dibantu oleh bakteri baik yang dapat membentuk beberapa zat yang diperlukan tubuh, seperti vitamin K, vitamin B12, ribofalvin, hidrogen, dan lain-lain. Makanan yang sudah dicerna dalam usus besar akan menjadi lebih padat, dan terus bergerak ke anus untuk dikeluarkan dalam bentuk feses melalui proses buang air besar.

Proses pencernaan akan terganggu dan mengakibatkan sembelit (susah buang air besar) jika kandungan serat dalam makanan sangat sedikit, atau karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2726051838088762292

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item