Apakah Kita Membutuhkan Air Liur untuk Merasakan Makanan?

  Apakah Kita Membutuhkan Air Liur untuk Merasakan Makanan?
Ilustrasi/hipwee.com
Air liur berfungsi membantu proses pencernaan makanan—khususnya dari mulut ke kerongkongan—menjaga kesehatan mulut dan gigi, serta fungsi lain, yang salah satunya juga membantu kita dalam mengenali sensasi rasa makanan. Namun, fungsi itu sebenarnya tidak selalu dibutuhkan.

Lidah kita memiliki banyak sekali papila atau bintil pengecap yang berfungsi dalam pengenalan sensasi rasa. Pada bintil itu terdapat reseptor yang terhubung dengan sel-sel saraf yang lain.

Fungsi air liur sebagai pembantu proses pengecap rasa terjadi ketika kita memakan makanan yang kering. Hal itu disebabkan karena air liur membantu molekul makanan untuk mencapai reseptor pada bintil pengecap.

Misalnya, jika potongan garam diletakkan langsung pada lidah yang kering, kemungkinan sensasi rasa akan muncul dalam waktu yang lama, karena molekul garam terlalu besar untuk reseptor yang hanya sesuai untuk beberapa molekul dalam sekali waktu tertentu.

Berbeda jika ada air liur yang tercampur dengan garam tersebut, atau kita meminum air garam, maka molekul garam itu akan cepat menempel pada reseptor bintil pengecap, sehingga kita pun segera merasakan asinnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Tubuh Manusia 7393649434451258302

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item