Apa Manfaat Air Liur yang Dihasilkan Mulut Manusia?

Apa Manfaat Air Liur yang Dihasilkan Mulut Manusia?
Ilustrasi/1health.id
Air liur atau saliva yang dihasilkan mulut manusia memiliki berbagai manfaat, dari membantu proses pencernaan makanan, penggunaan untuk sampel DNA, sampai membantu menjaga kesehatan. Air liur dapat digunakan untuk mengungkap identitas seseorang, juga mengungkapkan obat-obatan atau makanan yang mungkin dikosumsi oleh seseorang.

Kemudian, air liur pada manusia mengandung zat polin, yaitu senyawa protein yang berfungsi melindungi enamel gigi, dan menumbuhkan kembali enamel yang rusak akibat kalsium dan kadar fosfor yang berlebih.

Sedangkan kandungan mineral pada gigi berfungsi untuk membantu proses remineralisasi gigi. Selain itu, air liur juga berguna dalam proses pembersihan kotoran yang menempel pada sela-sela gigi.

Selain berfungsi menjaga kesehatan gigi, air liur juga berperan dalam menjaga kesehatan mulut, karena mengandung zat antibakteri yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. Air liur juga berfungsi dalam menjaga mulut agar selalu lembap, dan mencegah pertumbuhan jamur dalam rongga mulut.

Di atas semua itu, air liur juga mengandung protein hisatsin yang berfungsi dalam mempercepat penyembuhan pada luka. Protein hisastin pada air liur dapat membantu proses pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Karena itulah, luka pada bagian dalam pipi atau luka pada gusi lebih cepat sembuh dibandingkan luka pada area luar mulut yang tidak tersentuh air liur.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 2836961696624891770

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item