Ternyata, Wajah Manusia Dibentuk oleh Perkelahian

Ternyata, Wajah Manusia Dibentuk oleh Perkelahian
Ilustrasi/grid.id
Ada temuan yang unik menyangkut bentuk wajah manusia. David Carrier, pakar biologi dari University of Utah, melakukan penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa wajah manusia masa kini dipengaruhi dan terbentuk oleh perkelahian manusia di masa lalu.

Wajah manusia kini adalah produk evolusi, penyesuaian diri agar manusia lebih kuat menerima pukulan, hingga tak mudah terluka ketika berkelahi. Hasil riset di dunia biologi itu diterbitkan dalam jurnal Biological Reviews.

Wajah dan tulang tengkorak manusia memiliki perbedaan dengan wajah primata lain, seperti tulang rahang dan dahi yang lebih tebal. Sebelumnya, banyak ilmuwan menduga bahwa karakteristik itu berkembang karena manusia sering memakan makanan yang keras, semisal kacang.

Namun, riset yang dilakukan David Carrier menemukan bahwa karakteristik itu lebih terkait dengan aktivitas perkelahian manusia. Ia menyatakan bahwa perkelahian membuat proporsi tangan manusia mengalami evolusi untuk menyesuaikan diri dengan aktivitas perkelahian.

“Bila tangan manusia mengalami evolusi untuk perkelahian,” ujar David Carrier, “maka wajah juga demikian. Ketika manusia berkelahi dengan tangan, wajah biasanya adalah target utama.”

Pada manusia masa lalu, tulang yang paling rentan adalah bagian tengkorak, yang kemudian menunjukkan peningkatan paling besar. Di zaman modern, wajah manusia saat ini memang sudah tak seperti zaman dulu.

Tetapi, ciri-ciri khas tengkorak manusia masa lalu masih ada. Wajah manusia laki-laki saat ini, misalnya, memiliki tulang rahang, pipi, dahi, dan leher yang lebih kuat dan tebal.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 1638689226659065037

Posting Komentar

  1. pengen tau wajah yang belum mengalami evolusi karena perkelahian itu seperti apa ya??

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item