Apa yang Disebut Maskapai Penerbangan?

Apa yang Disebut Maskapai Penerbangan?
Ilustrasi/wartaekonomi.co.id
Di masa lalu, manusia melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, atau memanfaatkan hewan tunggangan semacam kuda atau unta. Di laut atau sungai, kapal telah digunakan, tapi masih sederhana.

Selama berabad-abad, manusia menjadikan hewan tunggangan sebagai sarana transportasi, sampai kemudian penemuan demi penemuan terjadi, dan sarana transportasi terus berkembang. Sepeda, sepeda motor, hingga mobil dan kereta api, adalah di antara sarana transportasi yang terus berkembang di dunia kita.

Jika sarana di darat dan laut terus berkembang, begitu pula sarana transportasi melalui udara. Dulu, orang menggunakan balon udara, yang terkenal disebut Zeppelin, untuk melakukan perjalanan dari suatu negara ke negara lain.

Sampai kemudian pesawat terbang diciptakan, dan manusia pun dapat bepergian lewat udara dengan waktu lebih cepat, serta jauh lebih aman. Seiring berkembangnya peradaban, kebutuhan sarana transportasi lewat udara sama banyaknya dengan kebutuhan transportasi lewat darat atau laut. Dari situlah lalu muncul maskapai penerbangan.

Maskapai penerbangan adalah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Mereka menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa tersebut, dan dapat membuat kerjasama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk keuntungan bersama. Istilah “maskapai” berasal dari bahasa Belanda, maatschappij, yang berarti “perusahaan”.

Selain mengangkut manusia untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, banyak pula pesawat yang dioperasikan untuk mengangkut barang, dan biasa disebut maskapai penerbangan kargo. Beberapa maskapai kargo merupakan divisi atau subdivisi dari maskapai induknya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4482480880564559634

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item