Apa Penyebab Terjadinya Revolusi Prancis?

 Apa Penyebab Terjadinya Revolusi Prancis?
Ilustrasi/eramuslim.com
Ketika koloni Inggris di Amerika berperang melawan pasukan Inggris, pasukan Prancis membantu pihak Amerika. Biaya perang itu membuat keuangan Prancis nyaris bangkrut. Untuk menutupi kekurangan uang, Raja Prancis, Louis XVI, mengusulkan untuk meningkatkan pajak.

Maka pemungutan pajak baru pun dimulai, dengan jumlah yang besar, dan semua pihak didatangi untuk membayar—dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Para petani yang tidak mau atau tidak bisa membayar pajak tersebut ditangkap dan ditahan di penjara kerajaan di Paris, yaitu Bastille.

Yang ironis, sebagian besar orang paling kaya di Prancis—kebanyakan pendeta dan bangsawan—juga tidak membayar pajak, tetapi tidak ada tindakan apa pun terhadap mereka. Akibatnya, seluruh beban pajak jatuh di pundak para petani.

Didorong oleh kemarahan karena ketidakadilan tersebut, sekelompok petani pun bergabung dan menyerang penjara Bastille pada 14 Juli 1789 untuk membebaskan teman-teman mereka yang ditahan.

Meski hanya sedikit tahanan yang bisa dibebaskan, namun peristiwa itu menandai akhir kekuasaan kerajaan di Prancis, dan menandai awal Revolusi Prancis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Sejarah 2983595194984789400

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item