Selain Indonesia, Negara Mana saja yang Membuat Batik?

Batik identik dengan kebudayaan Indonesia, bahkan UNESCO pun telah mengakui bahwa batik adalah kekayaan budaya milik Indonesia. Namun, mesk...


Batik identik dengan kebudayaan Indonesia, bahkan UNESCO pun telah mengakui bahwa batik adalah kekayaan budaya milik Indonesia. Namun, meski begitu, tidak hanya Indonesia yang membuat atau memproduksi batik. Beberapa negara lain yang juga memproduksi batik adalah Cina, Malaysia, Thailand, dan Azerbaidjan.

Jika batik di Indonesia umumnya bermotif bunga atau burung yang dibuat indah, batik di Cina umumnya menggunakan ragam satwa mitologi sebagai sumber desain. Proses pembuatannya tak jauh beda dengan yang ada di Indonesia, yakni menggunakan cap, canting, atau sablon.

Di Malaysia, desain batik banyak menggunakan gambar awan, bunga, dan tumbuhan. Negeri yang sempat mengklaim batik sebagai budaya miliknya ini bahkan memiliki hari batik nasional, seperti Indonesia, yakni 2 Oktober. Setiap tahun, berbarengan dengan Indonesia, Malaysia merayakan Hari Batik Nasional.

Thailand juga memiliki ciri khasnya sendiri dalam seni batik. Umumnya, batik di sana dibuat untuk sarung, dan penuh warna-warni cerah. Sarung batik itu banyak digunakan untuk bersantai, khususnya oleh penduduk di pulau Koh Samui. Yang menarik, Thailand memiliki beberapa tempat wisata yang menyajikan kursus membatik untuk para wisatawan.

Kemudian, di Azerbaidjan, batik umumnya dibuat di atas syal berbahan sutera yang banyak digunakan para wanita di sana. Syal dengan motif batik itu disebut kalagai. Proses pembuatannya sama seperti pembuatan batik di Indonesia, yaitu menggunakan malam (lilin khusus untuk batik).

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 12610026141029521

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item