Kemana Serangga Pergi Sewaktu Hujan?

 Kemana Serangga Pergi Sewaktu Hujan?
Ilustrasi/istimewa
Dalam cuaca yang cerah, kita biasa mendapati banyak serangga di sekeliling kita. Kupu-kupu yang menari di antara bunga, semut-semut yang berjalan hilir mudik, sampai capung yang kadang masuk rumah. Tetapi, ketika hujan turun, serangga-serangga itu seperti lenyap tak terlihat. Kemana perginya mereka?

Ketika hujan turun, serangga-serangga menyelamatkan diri dari guyuran hujan. Kupu-kupu menghindari hujan dengan bersembunyi di bawah daun lebar, lebah menghindari hujan dengan cara bergantung di bawah rumahnya, capung berdiam diri di tangkai rumput untuk menghindari hujan, sementara kumbang kecil menghindari hujan dengan berkumpul di bawah bunga berduri.

Meski kawanan semut kadang masih terlihat ketika hujan turun, namun semut-semut yang ada di bawah tanah akan segera bekerja keras menyumbat pintu masuk rumahnya, agar air hujan tidak merembes masuk, untuk melindungi telur-telurnya.

Di antara serangga-serangga lain yang segera menyelamatkan diri ketika hujan turun, ada pula serangga yang tidak terlalu peduli pada hujan. Misalnya lipan dan kelabang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 2665665942262023446

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item