Apa yang Dimaksud Negara Berkembang?

Negara berkembang adalah sebutan yang diberikan kepada negara-negara yang dianggap memiliki tingkat kesejahteraan material relatif rendah. ...


Negara berkembang adalah sebutan yang diberikan kepada negara-negara yang dianggap memiliki tingkat kesejahteraan material relatif rendah. Sebenarnya, tidak ada definisi baku atau pasti mengenai penyebutan negara berkembang yang diakui secara internasional, karena tingkat pembangunan di negara-negara berkembang bisa dibilang bervariasi.

Ada pula negara-negara yang disebut negara berkembang yang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi dan lebih maju dibandingkan negara berkembang lainnya, namun tidak sepenuhnya menampakkan tanda-tanda negara maju. Negara semacam itu umumnya dikelompokkan dalam istilah negara industri baru. Namun, lagi-lagi tidak ada standar baku yang disepakati secara pasti mengenai hal ini.

Divisi Statistik Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan tidak ada konvensi resmi untuk penetapan negara atau wilayah maju dan berkembang dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa. Penetapan “maju” dan “berkembang” yang disematkan pada negara-negara tertentu hanya ditujukan untuk kemudahan statistik, dan tidak mengekspresikan penilaian terhadap tahap-tahap yang telah dicapai suatu negara atau wilayah dalam proses pembangunannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Umum 2658908270818782180

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item