Danau apa yang Terdalam di Dunia?

Danau apa yang Terdalam di Dunia?
Ilustrasi/istimewa
Danau terdalam di dunia adalah danau Baikal, yang terletak di Rusia. Danau ini terkenal dengan sebutan “The Blue Eye of Siberia”. Meski tidak seluas danau lain di Rusia, namun danau Baikal menampung satu dari lima jumlah keseluruhan air tawar yang ada di dunia, hingga volume airnya sangat banyak.

Bahkan jika semua sungai yang ada di dunia mengalirkan air dari danau Baikal bersamaan, dibutuhkan waktu satu tahun penuh untuk mengosongkannya.

Karena jumlahnya yang luar biasa, air yang ada di danau Baikal juga dapat menjadi cadangan air minum bagi seluruh populasi di bumi selama 50 tahun. Jumlah air yang banyak di danau Baikal merupakan hasil dari kedalamannya sebagai danau terdalam di bumi.

Dasar danau tersebut memiliki kedalaman sampai 1,6 kilometer di beberapa titik. Selain itu, danau Baikal juga merupakan danau tertua di dunia.

Selain menjadi danau terdalam, danau Baikal juga disebut sebagai danau terjernih di Bumi. Danau ini terletak di daerah retakan di antara dua lempengan Bumi yang saling menarik 2,5 sentimeter setiap tahun.

Kedalamannya sekitar 39,7 meter atau lebih. Pada musim panas, es yang terletak di pegunungan Siberia mencair dan mengisi danau tersebut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Related

Nature 5481843772485635572

Posting Komentar

  1. Dalamnya 1,6 kilometer, dalem banget
    berarti kalau dunia ini kekeringan
    harapan terakhir kita lari ke rusia hehe

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item