Apa Manfaat Gempa Bumi?

Apa Manfaat Gempa Bumi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Gempa bumi adalah fenomena pelepasan energi yang ada di kerak bumi secara tiba-tiba, dan mengakibatkan gelombang seismik yang skalanya bisa diukur dengan seismograf. Semakin tinggi magnitudonya, semakin parah guncangan yang terjadi akibat pergeseran kerak bumi tersebut.

Di permukaan bumi, gempa muncul dengan wujud guncangan, dan terkadang menggeser tanah. Jika pusat gempa terjadi di lepas pantai, dasar laut kadang mengalami pergeseran yang cukup besar yang dapat menyebabkan tsunami.

Guncangan gempa juga bisa memicu tanah longsor, dan kadang menghidupkan kembali aktivitas gunung vulkanik.

Apakah gempa bumi memiliki manfaat? Jawabannya ya, gempa bumi memiliki manfaat. Tanpa adanya gempa bumi atau aktivitas lempeng tektonik, maka nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan di atas tanah akan terkikis dari benua, dan terkumpul di samudera.

Setelah beberapa waktu tanpa gempa bumi, kehidupan akan semakin sulit di daratan, meski kehidupan di lautan masih berjalan secara normal. Dengan adanya gempa bumi, maka nutrisi dan mineral-mineral lain yang terkandung di samudera bisa didaur ulang ke permukaan benua.

Hugh Ross, astrofisikawan dari Royal Astronomical Society, Montreal, Kanada, menyatakan, “Kita dapat melihat dengan jelas jumlah dan intensitas gempa yang terjadi yang dapat menjaga siklus daur ulang itu. Namun, bagi kita yang tinggal di perkotaan, dampaknya tidak terlalu terasa.”

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5260500246960720368

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item