Apa Bahaya yang Bisa Ditimbulkan Formalin?


Formalin digunakan dalam berbagai barang konsumen, seperti pembersih rumah tangga, cairan pencuci piring, pelembut pakaian, shampo mobil, lilin, dan lain-lain. Formalin cukup berbahaya bila terhirup, terkena kulit, tertelan, atau terkena mata.

Dalam jangka pendek, formalin dapat memicu terjadinya masalah kesehatan. Jika terhirup, formalin dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan, menimbulkan gangguan pernapasan serta batuk, kerusakan jaringan dan luka pada saluran pernapasan seperti radang paru, dan pembengkakan paru. Gejala lainnya bisa berupa bersin, radang tenggorokan, kelelahan, jantung berdebar, sakit kepala, mual, dan muntah. Pada konsentrasi yang tinggi bisa menyebabkan kematian.

Bila terkena kulit, formalin bisa menimbulkan perubahan warna sehingga kulit menjadi merah, mengeras, mati rasa, dan terasa terbakar.

Bila terkena mata, gejala yang timbul bisa iritasi yang menjadikan mata memerah dan terasa sakit, gatal-gatal, penglihatan kabur, dan mengeluarkan air mata. Pada konsentrasi tinggi, formalin juga dapat menyebabkan pengeluaran air mata yang hebat dan menimbulkan kerusakan pada lensa mata.

Bila tertelan, formalin bisa menyebabkan rasa terbakar pada mulut, tenggorokan, sakit ketika menelan, mual, muntah, dan diare. Bisa pula terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, kejang, tidak sadar, hingga koma. Selain itu juga bisa memicu terjadinya kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pankreas, ginjal, dan sistem susunan syaraf pusat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Artikel Terkait Umum

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar