Siapa Penemu Ponsel?


Penemu ponsel adalah Nathan Stubblefield. Meski dijuluki sebagai Bapak Teknologi Telepon Seluler karena penemuannya, namun Nathan Stubblefield sebenarnya seorang petani melon sederhana, yang hidup di Murray, Kentucky.

Di kampung halamannya pula, dia pertama kali membuat jaringan telekomunikasi, dengan membangun tiang setinggi 120 kaki di kebunnya, yang dapat mentransfer percakapan dari satu telepon ke telepon yang lain dengan menggunakan medan magnet. Tepat pada tanggal 1 Januari 1902, Nathan Stubblefield mendemonstrasikan temuannya di alun-alun kota. Pada waktu itu, ponsel yang digunakannya masih sangat besar, puluhan kali lipat lebih besar dibanding ponsel yang kita kenal sekarang. Ponsel itu pun hanya memiliki jangkauan setengah mil.

Enam tahun kemudian, pada 1908, Nathan Stubblefield mematenkan telepon nirkabel versi baru untuk berkomunikasi dengan kendaraan bergerak. Sayangnya, telepon nirkabel tidak sukses dalam masa hidupnya, sehingga dia pun meninggal dengan keadaan miskin pada tahun 1928. Meski begitu, berkat penemuannyalah peradaban dunia masa kini berubah, dan ia diakui sebagai Father of The Modern Mobile Phone.

Sekadar catatan, Nathan Stubblefield juga telah menemukan teknologi radio, jauh sebelum Nikola Tesla atau Guglielmo Marconi menemukannya. Namun, teknologi radio temuan Nathan Stubblefield menggunakan frekuensi radio induksi, sehingga menyebabkan gangguan pada wilayah sekitarnya. Karena itu pula, teknologi radio temuannya kalah populer dibanding teknologi radio transmisi yang ditemukan Guglielmo Marconi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar