Seperti apa Bau Gas?

Gas tidak berbau. Kalau kita menggunakan gas dalam tabung untuk keperluan menyalakan kompor, kita akan membaui sesuatu ketika tabung gas it...


Gas tidak berbau. Kalau kita menggunakan gas dalam tabung untuk keperluan menyalakan kompor, kita akan membaui sesuatu ketika tabung gas itu bocor, atau ketika gas sedang keluar. Tetapi, sebenarnya, itu bukan bau gas.

Aslinya, gas tidak memiliki bau. Karena itu pula, sebagai langkah pengamanan, gas yang dikemas dalam tabung untuk konsumsi masyarakat, misalnya Elpiji, akan ditambahkan zat pembau dengan kadar 25 mililiter per ton. Tujuannya, agar ketika tabung gas mengalami kebocoran, orang akan mengetahui atau menyadarinya sehingga tidak terjadi hal-hal berbahaya, semisal kebakaran.

Zat pembau yang digunakan tersebut adalah ethyl-mercaptan, senyawa hidrokarbon, dan belerang. Itu zat tidak berwarna, dengan keenceran seperti bensin premium, dan mencair dalam suhu serta tekanan ruang. Zat itu harus dilarutkan dalam setiap kemasan tabung gas, agar orang dapat membauinya jika tabung mengalami kebocoran. Bau itu pulalah yang kemudian disebut “bau gas”.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Related

Umum 3729295095972482974

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item