Mengapa Utara Selalu Diletakkan di Bagian Atas Peta?


Sebenarnya tidak masalah arah apa yang akan diletakkan di bagian atas pada gambar peta. Namun, peletakan arah utara di bagian atas memang telah menjadi semacam kelaziman, dan selama bertahun-tahun peta dengan arah utara di bagian atas telah menjadi praktik standar.

Hal itu dimulai pada tahun 160 Masehi, ketika Claudius Ptolemy—astronom dan ilmuwan Mesir—menggambar peta dunia yang dikenal saat itu. Dia meletakkan arah utara di bagian atas peta, dan sejak itulah semua pembuat peta mengikutinya. Kesepakatan tak tertulis itu masih berlaku hingga sekarang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Mengapa Februari Memiliki 29 Hari pada Tahun Kabisat?


Sekitar dua ribu tahun yang lalu, Julius Caesar mengatur kembali penanggalan dengan menambahkan satu hari pada setiap empat tahun. Perubahan itu dilakukan berdasarkan saran pakar astronomi Yunani, Sosigenes, dan perubahan itu dianggap penting, karena Bumi membutuhkan waktu 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 46 detik untuk mengelilingi Matahari.

Orang Romawi menyadari hal itu, karena dengan 365 hari dalam setahun maka perayaan-perayaan tidak selalu berada pada musim yang sama. Dari situlah kemudian lahir tahun Kabisat yang ditandai dengan adanya 29 hari pada bulan Februari, yang sebelumnya hanya memiliki 28 hari.

Kemudian, pada tahun 1582, Paus Gregory XIII membuat sistem yang lebih akurat dengan menetapkan bahwa tahun-tahun abad (seperti 1700, 1800, 1900 dan seterusnya) sebaiknya tidak dianggap sebagai tahun kabisat, kecuali bisa dibagi 400. Karena itu pula, tidak ada tanggal 29 Februari pada tahun abad hingga tahun 1900, dan tahun Kabisat dimulai setelah tahun itu.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa yang Dimaksud Pasir Bernyanyi?


Pasir bernyanyi (Singing sands) adalah daerah berpasir yang dapat menghasilkan suara atau lengkingan tertentu ketika ada orang berjalan di atasnya. Suara yang dihasilkannya bermacam-macam, begitu pula penjelasan atas keberadaannya.

Di Afghanistan, misalnya, ada pasir bernyanyi di wilayah Reg Ruwan yang dipercaya sebagai suara hantu manusia berkuda yang sedang memasang tapal kuda di gua bawah tanah. Sementara di Hawaii, ada pula pasir bernyanyi yang terdengar seperti lengkingan anjing, yang dipercaya masyarakat di sana sebagai tangisan orang-orang mati.

Pasir bernyanyi juga ada di pulau-pulau kecil di Inggris. Beberapa yang terkenal adalah Studland Bay di Dorset, Bamburgh di Northumberland, Fort Oer di North Wales, dan Eigg di Hebrides. Penyebab munculnya suara dari pasir itu tidak pernah bisa dijelaskan dengan memuaskan. Namun, penjelasan rasional atas hal itu adalah terdesaknya udara bergerak yang mengisi ruang-ruang sempit di antara butiran-butiran pasir ketika orang berjalan di atasnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa sih Pasir Pengisap itu?


Pasir pengisap adalah campuran antara pasir dan air, yang biasanya ditemukan di gundukan-gundukan air sungai. Di bawahnya terdapat lapisan tanah liat yang menghentikan aliran air, dan membuat pasir tidak terlalu padat. Karena campuran komponen-komponen tersebut, maka pasir pengisap pun dapat mengisap orang yang kebetulan menginjaknya.

Namun, tidak seperti yang dipercaya banyak orang, pasir mengisap tidak mengisap dengan cepat hingga orang yang kebetulan terjebak akan langsung lenyap di dalamnya. Sebenarnya, orang yang kebetulan melewati pasir pengisap dan kemudian terisap oleh pasir itu bahkan dapat mengambang lebih mudah di dalam air, karena pasir itu akan mendukung tubuh secara lebih kuat dibanding air.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Dari Mana Nama-nama Hari Dibuat?


Empat dari nama hari dalam seminggu yang kita gunakan saat ini, berasal dari bahasa Skandinavia. Sedangkan yang lain berasal dari bintang di langit.

Nama Sunday (Minggu) digunakan untuk menghormati Sun (Matahari). Monday (Senin) berasal dari Moon (Bulan). Tuesday (Selasa) berasal dari nama Tiw, dewa perang Skandinavia. Wednesday (Rabu) berasal dari nama Woden atau Odin, pemimpin para dewa Skandinavia. Thursday (Kamis) berasal dari nama Thor, dewa guntur. Friday (Jum’at) berasal dari nama Freya atau Fringga, sang dewi persahabatan. Sedangkan Saturday (Sabtu) diambil dari Saturnus.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Mesin Cuci Modern Lahir ke Dunia?


Perusahaan General Electric pertama kali memperkenalkan mesin cuci modern pada 1957. Mesin cuci itu dilengkapi tombol untuk mengatur temperatur air ketika mencuci dan membilas, kecepatan goyangan dan putaran mesin, serta dilengkapi dengan mesin pemeras pakaian yang dicuci, dan alat pengering. Mesin cuci tersebut efektif sepenuhnya, dan sejak itulah dunia mulai meninggalkan pencucian baju secara manual.

Sebelum tahun 1797, orang mencuci pakaian dengan membawa pakaian kotor ke sumber air terdekat, meletakkan pakaian di atas batu, kemudian memukul-mukulnya dengan batu lain, untuk mengeluarkan kotoran dari pakaian. Konsep itu kemudian melahirkan papan cuci yang dibuat dari kayu dengan gerigi di atasnya. “Mesin cuci” kayu itu digunakan banyak orang hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

Mesin cuci yang agak modern mulai diciptakan jauh sesudah itu, dan cara pengoperasiannya menggunakan pengungkit untuk menggerakkan satu permukaan di atas permukaan lain, dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran dari pakaian. Meski disebut “mesin”, dan dipatenkan di Amerika pada 1846, tapi alat ini masih bersifat manual.

Kemudian, pada tahun 1851, James King mematenkan mesin cuci model baru yang menggunakan sebuah silinder, dan tujuh tahun kemudian, pada 1858, Hamilton Smith mematenkan mesin cuci yang berputar. Penemuan-penemuan itu lalu dikembangkan oleh William Blackstone pada tahun 1874, namun hingga tahun 1907 semua mesin cuci yang telah ada itu digerakkan oleh tangan sepenuhnya, alias masih manual.

Barulah pada tahun 1908 muncul mesin listrik yang menggantikan pekerjaan tangan. Mesin yang dinamai The Thor itu diciptakan Alfa J. Fisher, dan mesinnya diproduksi oleh Hurley Machine Company. Mesin cuci itu hampir sepenuhnya efektif, namun memiliki satu kekurangan fatal—mesin itu tidak dilengkapi sistem pelindung, sehingga orang yang menggunakannya sering terkena sengatan listrik akibat hubungan pendek yang terjadi antara air dengan listrik.

Pada tahun 1911, muncul mesin cuci lain yang menutup kelemahan mesin cuci ciptaan Alfa J. Fisher di atas, namun tetap belum sepenuhnya efektif, selain ukuran mesin yang besar dan sangat berat. Memasuki tahun 1920, muncul pengembangan lain, yaitu penggunaan lembaran logam putih email sebagai pengganti tabung tembaga yang sebelumnya digunakan pada mesin cuci. Pilihan itu lebih disukai karena dianggap lebih bersih dan mudah dirawat.

Namun, sampai pada tahap itu pun masyarakat belum terbiasa menggunakan mesin cuci, karena mesin itu belum dianggap efektif. Baru pada tahun 1950-an, mesin cuci model baru diperkenalkan dengan dilengkapi alat pengering sehingga pengguna tidak perlu memeras pakaian yang baru dicuci dalam mesin tersebut. Mesin jenis itu mulai menarik perhatian masyarakat.

Puncaknya terjadi pada tahun 1957 ketika General Electric mengeluarkan mesin cuci yang dilengkapi tombol untuk mengatur suhu air, serta dilengkapi alat pengering, yang menjadikan mesin cuci benar-benar efektif dan modern.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Siapa Penemu Pil Antihamil?


Pil antihamil ditemukan oleh Gregory Goodwin Pincus (1903-1967), seorang endokrinolog asal New Jersey, Amerika Serikat.

Pada 1944 Pincus ikut mendirikan Yayasan Worcester untuk Biologi Eksperimental, salah satu laboratorium utama yang didirikan untuk menyalurkan penemuan ilmiah secara langsung ke dalam pengembangan dagang. Ia berkonsentrasi pada studi hormon dan faktor lainnya dalam reproduksi mamalia, dan menjadi salah satu pengembang awal pil kontrasepsi oral pada tahun 1951.

Menjelang tahun 1955, Pincus melihat sudah saatnya untuk melakukan percobaan pil secara besar-besaran. Percobaan itu dimulai pada April 1956, di kota San Yuan, Puerto Rico, di bawah pengawasan Dr. Edris Rice-Wray. Dalam tempo 9 bulan, percobaan itu menunjukkan hasil bagus atas pil kontrasepsi yang ditelan.

Tiga tahun kemudian, FDA (Food and Drug Administration—dinas pengawasan makanan dan obat-obatan Amerika) menyetujui “Enovid” (pil antihamil pertama di dunia) dipasarkan pada 23 Mei 1960.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Majalah Bobo Terbit Pertama kali?


Majalah Bobo adalah bacaan populer anak-anak Indonesia, yang terbit sekali dalam seminggu. Majalah ini adalah versi lain dari aslinya, yang berasal dari Belanda. Edisi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh kelompok Kompas Gramedia, dan pertama kali terbit pada 14 April 1973.

Cikal bakal majalah ini adalah halaman anak-anak di harian Kompas. Atas prakarsa P.K. Ojong dan Jakob Oetama, pendiri harian Kompas, halaman anak-anak itu lalu dikembangkan menjadi majalah, dan Majalah Bobo menjadi majalah anak-anak pertama di Indonesia.

Semula, Majalah Bobo terdiri dari 16 halaman kertas koran, yang sebagian isinya berasal dari bahan-bahan di Majalah Bobo versi Belanda yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, dan sebagiannya lagi meneruskan rubrik dari halaman anak-anak Kompas. Adi Subrata dan Tineke Latumeten adalah pengasuh awal majalah anak-anak tersebut.

Sekarang, Bobo adalah majalah anak-anak pertama yang berwarna di Indonesia, yang seluruh pembuatannya dikerjakan oleh staf redaksi Bobo Indonesia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Sejak Kapan James Bond Muncul di Dunia?


James Bond—agen dinas rahasia bernomor 007—adalah salah satu karakter fiksi paling terkenal abad 20. Ia diciptakan oleh Ian Fleming, seorang jurnalis Inggris, yang juga mantan anggota intelijen Angkatan Laut Inggris. Sejak diterbitkan dalam bentuk novel pada 1953, James Bond segera menarik perhatian masyarakat, hingga kemudian difilmkan dan menjadi salah satu tokoh yang dikenal secara internasional. Popularitasnya bahkan tidak padam, meski Ian Fleming telah meninggal.

Kelahiran James Bond dimulai ketika Ian Fleming bekerja di koran harian Kemsley, yang merupakan induk perusahaan The Daily Express di London. Pada 1952, Fleming diangkat sebagai manajer di koran tersebut, dan ia mengajukan syarat untuk mendapatkan waktu dua bulan liburan dalam kontrak kerjanya tahun itu. Permintaannya dituruti, dan Ian Fleming lalu memutuskan pergi ke Jamaika.

Ketika berlibur di Jamaika itulah Fleming mendapatkan inspirasi untuk menulis kisah James Bond, dan ia mulai menulis naskahnya. Nama James Bond diambil dari nama seorang ahli burung asal AS, yang juga seorang pengamat burung dari Karibia. Naskah pertama tentang James Bond itu diberi judul “Casino Royale”.

Setelah selesai menulis naskah tersebut, Fleming memberikan naskahnya kepada William Plomer, seorang editor, untuk membacanya. Plomer menyukai naskah itu, lalu memberikannya pada Jonathan Cape, seorang penerbit. Awalnya, Cape tidak terlalu menyukai karakter yang diciptakan Fleming, namun akhirnya memutuskan untuk menerbitkannya pada tahun 1953. Sejak itu, novel James Bond diterima masyarakat, dan Fleming menulis kisah-kisah lainnya, sementara William Plomer menjadi editor tetapnya.

Para pengamat James Bond setuju bahwa James Bond secara tak langsung merupakan biografi tak resmi Ian Fleming. Baik Fleming maupun Bond adalah lulusan sekolah yang sama, memiliki makanan kesukaan yang sama (telur dadar dan minum kopi), memiliki kegemaran yang sama (minum, merokok, dan mengenakan baju lengan pendek), dan sempat bekerja di Angkatan Laut dengan pangkat Komandan. Mereka berdua juga sama dalam tinggi badan, berat tubuh, gaya rambut, dan warna mata.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik kisah-kisah James Bond adalah munculnya kendaraan-kendaraan mewah, seperti Aston Martin, Lotus Esprit, BMW, dan lain-lain, serta berbagai barang canggih yang selalu memukau pembaca dan penontonnya.

Adaptasi film James Bond dari novel pertama kali muncul pada tahun 1962 dengan judul “Dr. No”, dengan pemeran utama Sean Connery sebagai James Bond. Connery selanjutnya berperan dalam lebih dari enam film lainnya tentang agen 007 tersebut. Setelah Connery, aktor lain yang juga pernah memerankan Bond adalah George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan, dan Daniel Craig.

Antara 1953 sampai hari kematiannya pada tahun 1964, Ian Fleming telah menulis 12 novel dan dua cerita pendek. Berikut ini daftar lengkap judulnya; Casino Royale (1953), Live and Let Die (1954), Moonraker (1955) Diamonds are Forever (1956), From Russia with Love (1957), Dr. No (1958), Goldfinger (1959), For Your Eyes Only (cerita pendek, 1960), Thunderball (1961), The Spy who Loved Me (1962), On Her Majesty’s Secret Service (1963), You Only Live Twice (1964), The Man with the Golden Gun (1965), dan Octopussy and The Living Daylights (cerita pendek, 1966).

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Struktur Molekul DNA Ditemukan?


Pada 25 April 1953, James Watson dari Amerika, Francis Crick dari Inggris, dan Maurice Wilkins dari Inggris, menemukan struktur molekul DNA (Deoxyribonucleic Acid) yang mirip baling-baling atau spiral ganda, dan mengetahui untuk pertama kalinya mengenai pentingnya DNA pada genetika. Atas penemuan tersebut, James Watson dan Francis Crick menulis sebuah artikel mengenai struktur DNA di jurnal ilmiah terkemuka, Nature.

Artikel ilmiah itu berjudul “Molecular Structure of Nucleic Acids: A Structure for Deoxyribose Nucleic Acid”, dengan panjang satu halaman, memakai satu ilustrasi, dan enam daftar pustaka—sebuah artikel yang terkesan sederhana untuk suatu terobosan besar dalam bidang biologi dan kimia.

DNA pertama kali berhasil dimurnikan pada tahun 1868 oleh ilmuwan Swiss Friedrich Miescher, di Tubingen, Jerman, yang menamainya nuclein, berdasarkan lokasinya di dalam inti sel. Namun, penelitian terhadap peran DNA di dalam sel baru dimulai pada awal abad 20, bersamaan dengan ditemukannya postulat genetika Mendel. DNA dan protein dianggap dua molekul yang paling memungkinkan sebagai pembawa sifat genetis berdasarkan teori tersebut.

Meski demikian, waktu itu masih ada misteri yang belum terpecahkan menyangkut DNA—bagaimana sebenarnya struktur DNA sehingga ia mampu bertugas sebagai materi genetik? Persoalan itulah yang kemudian dijawab oleh James Watson dan koleganya, berdasarkan hasil difraksi sinar X pada DNA oleh Dr. Maurice Wilkins dan Dr. Rosalind Franklin.

Hasilnya, James Watson dan Francis Crick mendefinisikan DNA sebagai polimer yang terdiri atas empat basa dari asam nukleat, dua dari kelompok purina-adenina dan guanina; dan dua lainnya dari kelompok pirimidina-sitosina dan timina. Keempat nukleobasa tersebut terhubung dengan glukosa fosfat. Untuk pertama kalinya manusia dapat melihat dan mengerti struktur pita molekul yang ditemukan di dalam kromosom di dalam setiap sel di tubuh manusia.

Penemuan itu menjadi salah satu penemuan paling penting dalam bidang ilmu biologi abad 20, karena memberikan banyak inspirasi untuk para ilmuwan dan kimiawan untuk menyumbangkan ilmu mereka dalam membantu kemajuan di bidang biologi dan kedokteran. James Watson, Francis Crick, dan Maurice Wilkins pun memperoleh Nobel Kedokteran/Fisiologi pada tahun 1962, atas penemuan mereka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Terjadinya Transplantasi Ginjal Pertama?


Eksperimen transplantasi ginjal mula-mula dilakukan di Prancis pada tahun 1909, dengan mengganti ginjal manusia yang rusak dengan ginjal hewan. Namun tidak ada penerima transplantasi ginjal yang selamat dalam percobaan-percobaan itu.

Perlahan namun pasti, para ilmuwan mendapati tubuh manusia selalu menolak bagian tubuh yang bukan berasal dari dirinya, dan karena itu mereka terus mencari jalan untuk mengatasi hal tersebut. Para ilmuwan kemudian mempelajari kecocokan jaringan tubuh, jenis golongan darah dan kekebalan tubuh, hingga upaya transplantasi ginjal dari manusia ke manusia mulai menunjukkan hasil yang lebih baik.

Sampai kemudian, pada 1947, Charles Hufnagel, seorang ahli bedah di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, mencoba menanamkan ginjal dari orang yang baru meninggal ke tubuh seorang wanita yang menderita penyakit ginjal akut dan didiagnosis nyawanya hanya bertahan beberapa jam lagi. Ginjal dari donor tersebut ditanam di bagian tangan pasien wanita yang sudah nyaris sekarat tersebut.

Hasilnya, operasi itu bisa dibilang sukses karena ginjal donor mulai bekerja sesaat setelah disambungkan ke aliran darah tubuh pasien. Meskipun akhirnya ginjal donor tidak berfungsi setelah beberapa hari kemudian, namun tenggang waktu itu memungkinkan ginjal asli si pasien pulih kembali.

Hampir sepuluh tahun setelah itu, penelitian dan pengembangan atas transplantasi ginjal terus dilakukan, dan upaya transplantasi ginjal manusia yang berhasil sempurna akhirnya terjadi pada 23 Desember 1954, di Rumah Sakit Peter Brigham di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dalam proses transplantasi itu, Dokter Joseph Murray mengambil ginjal dari Ronald Herrick, dan menanamkannya pada tubuh saudara kembar identiknya, Richard Herrick. Upaya tersebut memperpanjang usia Richard hingga delapan tahun, dan Ronald masih hidup serta sehat. Atas keberhasilannya itu, Dokter Murray dianugerahi hadiah Nobel Fisiologi pada tahun 1990.

Transplantasi ginjal adalah terapi penggantian ginjal yang melibatkan pencangkokan ginjal dari orang hidup atau mati kepada orang yang membutuhkan. Transplantasi ginjal menjadi terapi pilihan untuk sebagian besar pasien dengan gagal ginjal dan penyakit ginjal stadium akhir, dan menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa yang Dimaksud Pembedahan Janin?


Pembedahan pada janin adalah praktik bedah yang dilakukan pada janin ketika masih ada dalam kandungan. Praktik medis penting itu dimulai pada tahun 1994.

Salah satu hal yang menyebabkan bayi terlahir dalam keadaan meninggal adalah hernia diafragmatik. Pada kelainan tersebut, ada lubang pada diafragma bayi, yaitu otot yang memisahkan dada dengan perut. Pada waktu bayi berkembang di dalam rahim, sebagian lambung, limfa, usus, atau hati, naik ke dalam rongga dada, dan mencegah perkembangan paru-paru. Akibatnya, pada waktu lahir, bayi itu pun meninggal karena tidak bisa bernapas.

Michael Harrison, seorang dokter Amerika, mulai memikirkan problem itu dan mencari cara pemecahannya. Pemecahan yang kemudian ditemukannya adalah dengan melakukan pembedahan pada janin ketika ia masih ada di dalam kandungan atau sebelum dilahirkan. Ia lalu membentuk tim peneliti di Universitas California San Francisco Medical Center, dan melakukan percobaan pada janin domba yang mengalami hernia diafragmatik dan belum dilahirkan. Percobaan itu berhasil, dan mereka terus melakukan pembedahan lain untuk penelitian.

Sampai kemudian, pada 1994, Michael Harrison dan timnya melakukan pembedahan pada janin manusia. Mula-mula, mereka membuka rahim si ibu, kemudian membuka dada dan perut bayi yang telah dikeluarkan setengahnya dari rahim. Operasi dilakukan untuk memindahkan usus dan limfa kembali ke dalam perut, lalu memperbaiki diafragmanya. Setelah proses itu selesai, bayi dikembalikan ke dalam rahim.

Tujuh minggu kemudian, bayi itu dilahirkan melalui operasi caesar, dengan berat 1,6 kilogram, dan diberi nama Maggie Macala Denis. Ia menjadi bayi pertama di dunia yang menjalani proses pembedahan sebelum dilahirkan. Sementara itu, temuan Michael Harrison dan timnya kemudian melahirkan terobosan-terobosan penting lain dalam bidang kedokteran.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Kode Genetika Manusia Ditemukan?


Dua tim ilmuwan, dari Amerika dan Inggris, menyatakan telah berhasil menentukan struktur gen umat manusia pertama kali pada 26 Juni 2000. Tim dari Amerika diketuai Dr. J. Craig, sementara tim dari Inggris diketuai Dr. Francis Collins.

Di Gedung Putih, yang dihadiri presiden Amerika, Bill Clinton, tim ilmuwan itu mempresentasikan temuannya, yang juga disaksikan perdana menteri Inggris, Tony Blair, melalui saluran satelit. Dr. James Watson, yang merupakan salah satu penemu DNA pada tahun 1953, juga hadir dalam konferensi tersebut.

Dalam presentasi, dinyatakan bahwa inti sel umat manusia terdiri atas dua pasang kumpulan kromosom. Masing-masing pasangan itu terbagi menjadi 23 kromosom, dan berasal dari kedua orangtua. Kromosom-kromosom itu terdiri dari jalinan panjang DNA (deoxyribonucleid acid) dalam bentuk pasangan spiral berganda. Jalinan itu dihubungkan oleh empat zat kimia, yaitu adenine, thymine, guanine, dan cytosine.

Keberhasilan dalam menamai urutan landasan kimiawi itu, yang masing-masing berjumlah tiga miliar dalam tiap pasangan kromosom, merupakan salah satu tonggak penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya genetika.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan AIDS Teridentifikasi Pertama kali?


Luc Montagnier, ahli virologi Prancis, berhasil mengidentifikasi virus HIV yang menjadi penyebab AIDS pertama kali pada 5 Juni 1981. Untuk keberhasilannya tersebut, ia meraih hadiah Nobel bidang Kedokteran/Fisiologi pada 2008, bersama Françoise Barré-Sinoussi dan Harald zur Hausen.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip, yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (HIV), yaitu virus yang memperlemah kekebalan tubuh manusia. Orang yang terkena virus tersebut menjadi rentan terhadap infeksi ataupun tumor. HIV dan virus-virus sejenis umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.

AIDS dipercaya muncul pertama kali di Afrika pada tahun 1950-an, dan diperkirakan berasal dari monyet hijau yang kemudian menular ke manusia—ketika monyet yang terinfeksi virus HIV menulari pekerja laboratorium. Orang yang pertama kali diidentifikasi menyandang virus tersebut adalah seorang pramugara homoseksual yang dikenal dengan nama Patient Zero, dan dialah yang diperkirakan telah membawa AIDS ke Amerika Utara pada akhir tahun 1970-an.

Patient Zero kemudian meninggal akibat kanker pada tahun 1984, namun ia diyakini telah menulari pria-pria homoseksual lain di sepuluh kota melalui seks tidak aman, dan penyakit itu lalu mulai menyebar dengan cepat.

AIDS merupakan salah satu wabah paling mematikan dalam sejarah. Pada Desember 2001, Program UNAIDS dan WHO melaporkan bahwa di seluruh dunia ada 40 juta orang yang telah terinfeksi oleh virus HIV. Penyakit ini telah menyebabkan kematian sebanyak 2,4 hingga 3,3 juta jiwa pada tahun 2005 saja, dan lebih dari 570.000 jiwa di antaranya adalah anak-anak.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa yang Dimaksud Serat Optik?


Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi, sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Kabel telepon serat optik pertama kali digunakan pada 22 April 1977 di California, dipasang sepanjang 8,8 kilometer dari Long Beach dan Artemesia, dan mampu melayani 24 panggilan telepon sekaligus.

Kabel telepon di luar ruangan pertama kali dibangun pada tahun 1877, yang mencakup jarak 3 mil (4,8 kilometer). Satu tahun kemudian, pada 1878, telepon sudah dapat menggunakan switch untuk menghubungi nomor-nomor lain, dan tidak lagi menggunakan hubungan langsung. Proses penyambungan ke nomor yang dituju dilakukan oleh operator telepon.

Pada tahun 1880-an, Almond Brown Stroger menemukan sistem telepon dial. Sistem itu kemudian digunakan oleh Bell Telephone System pada tahun 1924, dan sistem penyambung otomatis tersebut kemudian disebut Sroger Switch.

Sampai kemudian, pada 1906, Lee De Forest menemukan tabung audion yang dapat digunakan di kabel telepon untuk menguatkan gelombang suara. Bell Telephone System lalu membeli hak paten Forest, dan pada tahun 1913 layanan telepon jarak jauh dibangun antara New York dan San Fransisco, menggunakan tabung vakum Forest sebagai repeater.

Ketika kebutuhan pada layanan komunikasi jarak jauh semakin terasa, Bell berkolaborasi dengan NASA membangun Telstar, satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli 1962, untuk melayani telepon jarak jauh.

Akhirnya, perkembangan mutakhir sambungan telepon adalah penggunaan serat optik, yang dapat berpotensi melayani volume panggilan lebih besar dibandingkan satelit dan gelombang mikro. Sejak itu, kabel-kebel serat yang dilewatkan dari dasar laut mulai digunakan menjadi saluran komunikasi antar benua.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Lahirnya E-Mail?


E-Mail atau elektronic mail lahir pada 1971. Namun perjalanan e-mail telah dimulai pada tahun 1968, ketika Departemen Pertahanan AS menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang lalu berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan/atau pendidikan.

Memasuki tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan untuk membuat sebuah program yang memungkinkan pengguna dapat saling mengirim pesan satu sama lain pada mesin yang sama. Dia pun lalu bereksperimen dan membuat SNDMSG, suatu program yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer tersebut dapat membaca pesan yang ditinggalkan.

Setelah itu, ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol bernama CYPNET, yang memungkinkan program SNDMSG dapat mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Dari situlah awal mula terciptanya e-mail. Pesan atau teks e-mail yang pertama kali dikirim Ray Tomlinson, dan merupakan e-mail pertama di dunia, adalah “QWERTYUIOP”.

Kemudian, pada tahun 1972, Tomlinson mengenalkan ikon @ yang berarti “at” atau “pada”, sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail. Sejak itu, program layanan e-mail pun mulai terlahir ke dunia, dan salah satu yang paling awal sekaligus populer adalah Eudora, yang dibuat oleh Steve Dorner, seorang karyawan di University of Illinois, pada tahun 1988. Eudora adalah layanan email pertama yang menyediakan interface grafis.

Selama beberapa tahun, Eudora merajai bidang e-mail, sampai kemudian muncul layanan e-mail dari Netscape dan Internet Explorer. Memasuki tahun 1980-an, e-mail sudah dapat dinikmati oleh masyarakat umum, baik yang gratisan maupun yang berbayar, dan makin hari kualitas serta kapasitas yang ditawarkan layanan e-mail semakin baik. Pada saat ini, diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar pengguna surat elektronik atau e-mail di seluruh dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Siapa Penemu Mikroskop?


Meski mikroskop menjadi peralatan penting di masa kini—khususnya dalam kedokteran dan dunia keilmuan yang lebih luas—siapa penemunya masih belum jelas. Semula, sebagian kalangan percaya mikroskop ditemukan Galileo, namun kemudian kesimpulan itu diperdebatkan. Yang jelas, orang yang dianggap paling hebat dalam pembuatan mikroskop pada tahun 1595 adalah Zacharias Jansen dari Middleburg, Belanda.

Selama hidupnya, Zacharias Jansen banyak membuat mikroskop, yang semakin hari semakin berkembang dan semakin baik. Sebagian mikroskop karyanya ia persembahkan kepada pihak kerajaan, sebagai bentuk penghormatan, sekaligus untuk diperiksa. Meski kemudian mikroskop-mikroskop buatannya tidak ada lagi ketika ia meninggal, namun ada satu mikroskop karyanya yang masih tersisa pada tahun 1600-an.

Satu mikroskop itulah yang kemudian diteliti dan dipelajari oleh Cornelius Drebbel, teman Zacharias Jansen sewaktu kanak-kanak. Pada waktu itu, mikroskop baru dapat memperbesar objek tiga kali lipat, namun benda itu telah menciptakan kegairahan banyak orang. Drebbel memperbaiki dan mengembangkan mikroskop itu hingga lebih baik, dan seketika berita kesuksesannya pun menyebar. Tidak lama kemudian, banyak ilmuwan yang menggunakan mikroskop buatannya.

Seiring perjalanan waktu, mikroskop terus mengalami perbaikan, dan lensa majemuk menjadi model paling populer untuk digunakan. Perbaikan pada mikroskop tidak hanya pada lensanya semata, tetapi juga pada tatakan atau mejanya. Pada masa dulu, benda yang sedang dipelajari atau diteliti melalui mikroskop ditempelkan pada jarum, dan letaknya diatur dengan memutar sekrup. Metode itu lalu diubah dengan meja datar yang memungkinkan benda dengan ukuran dan bentuk lebih besar untuk diamati. Sementara sumber cahaya kemudian ditempatkan di bawah meja, dan dilewatkan pada benda yang sedang diamati.

Upaya membuat cahaya yang lebih kontras untuk memperjelas objek pengamatan terus dikembangkan. Pada tahun 1926 Hans Busch di Jerman mengembangkan “Mikroskop Elektron” yang dapat mengamati benda-benda dengan ukuran sampai satu per sejuta milimeter, dengan menggunakan sifat-sifat gelombang elektron. Pembuatan mikroskop jenis itu berdasarkan karya teoritis Ernst Abbe di tahun 1873, yang lalu diuraikan lebih jauh oleh Ernst Ruska dan Max Knoll di Technische Hochscule di Berlin, pada 1933.

Puncak mikroskop modern terjadi pada tahun 1970, ketika karya Hans Busch mendapatkan pengembangan dan perbaikan lebih lanjut, hingga seperti yang kita kenal sekarang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa Kata Pertama yang Dikirim via Internet?


Sepotong kata berbunyi “LO” menjadi kata pertama yang dikirimkan melalui internet. Pada 29 Oktober 1969, pukul 22.30 malam, Profesor Len Kleinrock menghubungkan sebuah komputer mainframe di UCLA ke sebuah komputer lainnya di Stanford Research Institute (SRI) dengan sebuah sambungan telepon.

Untuk menguji koneksinya, Kleinrock meminta murid-muridnya di UCLA untuk mengirimkan kata “LOG” yang rencananya akan dibalas oleh komputer di SRI dengan kata “IN”. Peneliti Charley Kline berhasil mengirimkan “L” dan “O”, tetapi sebelum “G” terkirim, sistemnya mengalami crash. Walaupun percobaan yang berikutnya berhasil, tapi “LO” menjadi kata pertama bersejarah yang berhasil dikirimkan melalui internet.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Terjadinya Kerusuhan Sepak Bola di Peru?


Kerusuhan sepak bola di Peru terjadi pada 24 Mei 1964.

Pada waktu itu, sekitar 45.000 penonton memadati stadion Lima, Peru, menyaksikan pertandingan sepak bola antara kesebelasan Peru dengan kesebelasan Argentina. Sebagian besar penonton di stadion itu berasal dari Peru. Ketika waktu pertandingan tinggal dua menit, Argentina unggul satu-kosong. Detik-detik akhir pertandingan itu dinantikan para penonton Peru dengan gelisah dan harap-harap cemas.

Harapan mereka terkabul ketika pemain terbaik Peru, Carlos Lobatón, menendang bola dan menyarangkan gol ke gawang kesebelasan Argentina, sehingga skor pun berimbang. Ribuan penonton pun bersorak-sorai, dan berharap akan ada perpanjangan waktu.

Namun kemudian sang wasit, R. Angel Pazos, dari Uruguay, membatalkan gol dari Peru dengan alasan tim Peru melakukan pelanggaran. Keputusan itu segera menciptakan kemarahan penonton. Mereka berteriak, menghentakkan kaki, dan mengolok-olok si wasit. Puncaknya, Matia Rojas, seorang maniak bola Peru yang terkenal beringas, turun ke lapangan dan menyerang wasit.

Melihat Rojas memukul wasit, seketika 40 perwira polisi dan dua ekor anjing mengepung Rojas, memukulinya, dan kemudian menyeret lelaki itu untuk ditahan. Peristiwa itulah yang lalu meledakkan amarah para penonton yang ada di kursi stadion, dan seketika kerusuhan mengerikan terjadi. Ribuan orang itu merangsek ke arah lapangan, sebagian yang lain menyalakan api, dan stadion seketika berubah menjadi arena kerusuhan.

Para polisi, yang jumlahnya jauh lebih sedikit, melawan kerusuhan itu dengan menembakkan gas air mata ke arah penonton dan menembakkan pistol ke arah orang-orang yang dicurigai sebagai provokator. Namun langkah polisi itu menjadikan kepanikan semakin menjadi-jadi. Penonton semakin berdesak-desakan ke arah pintu keluar, sehingga ratusan orang pun tergencet dan terinjak-injak—sebagian anak-anak. Sebanyak 318 orang tewas, dan sekitar 500 orang lainnya luka-luka.

Ribuan orang yang tidak puas itu kemudian berkonvoi di jalan, menuju tempat tinggal presiden Peru, Fernando Belaunde, untuk menuntut agar pertandingan tadi dinyatakan seri. Orang-orang terus mengamuk di wilayah kota Lima hingga sepanjang malam dan keesokan harinya, hingga pemerintah Peru mengumumkan keadaan darurat bagi seluruh negeri. Selain itu, pemerintah juga menetapkan waktu berkabung resmi selama seminggu bagi korban yang meninggal dalam kerusuhan itu.

Kerusuhan sepak bola di Lima, Peru, sampai sekarang dianggap sebagai kerusuhan terburuk sepanjang sejarah sepak bola.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Siapa Penemu Oven Microwave?


Oven microwave ditemukan secara tidak sengaja, oleh Percy Spenser, seorang penemu yang telah mendaftarkan sekitar 120 hak paten atas penemuan-penemuannya. Pada tahun 1945, Percy Spenser bekerja di lembaga pertahanan Raytheon, dan dia sedang meneliti cara meningkatkan kemampuan radar yang ada di lembaga pertahanan tersebut. Ketika ia tengah berjalan melewati sebuah radiator yang sedang bekerja, cokelat yang ia simpan di celananya meleleh.

Mendapati cokelatnya meleleh dalam celana, Spenser pun mempelajari penyebabnya, dan kemudian mencari cara untuk memanfaatkan fenomena tersebut. Dari situlah eksperimen microwave dimulai.

Ketika pertama kali microwave berhasil dibuat, beratnya mencapai 400 kilogram. Karena itulah waktu itu microwave hanya digunakan oleh pesawat dan kapal untuk menghangatkan makanan dengan cepat. Setelah bertahun-tahun berusaha menyempurnakannya, bentuk dan ukuran microwave pun semakin sempurna. Tappan Company, perusahaan yang memproduksinya, pertama kali memasarkannya di Amerika pada 1952.

Microwave adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi sangat tinggi (Super High Frequency, SHF), yaitu di atas 3 GHz (3x109 Hz). Apabila gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Apabila makanan menyerap radiasi gelombang mikro, makanan menjadi panas dan matang dalam waktu singkat. Proses itulah yang dimanfaatkan dalam oven microwave.

Sebenarnya, tabung elektronik yang dapat mengeluarkan energi microwave telah ditemukan sejak tahun 1940 oleh John Randall dan Dr. H.A. Boot, di Inggris. Tetapi pada waktu itu fungsinya bukan untuk membakar masakan, melainkan sebagai komponen penting untuk radar dalam menghadapi pesawat-pesawat Jerman. Radar digunakan untuk mencari dan menentukan jejak suatu benda, dengan gelombang mikro berfrekuensi sekitar 1010 Hz.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Mickey Mouse Lahir ke Dunia?


Karakter Mickey Mouse (Miki Tikus) muncul pertama kali dalam film animasi bersuara “Steamboat Willie” buatan Walt Disney, pada 18 November 1928. Sejak itu, Mickey Mouse menjadi karakter kartun sekaligus ikon bagi The Walt Disney Company.

Sebenarnya, Mickey Mouse sudah muncul dalam film “Plane Crazy” pada 15 Mei 1928. Namun, The Walt Disney Company kemudian merayakan “hari lahir” Mickey Mouse pada 18 November 1928, bertepatan dengan rilis animasi Steamboat Willie, karena itulah film animasi Mickey Mouse yang pertama kali menggunakan suara.

Dalam perkembangannya kemudian, Mickey Mouse telah berubah dari sekadar tokoh animasi menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Hingga Presiden AS, Jimmy Carter, pernah mengatakan, “Mickey Mouse adalah simbol kebaikan yang melampaui semua bahasa dan budaya. Saat seseorang melihat Mickey, ia melihat keceriaan.”

Walt Disney menemukan karakter Mickey Mouse ketika ia tinggal di gudang sebuah gereja yang dihuni banyak tikus. Waktu itu, dia baru saja menginjakkan kaki di Hollywood untuk mencari kerja. Selama luntang-lantung karena belum beroleh pekerjaan, sementara uangnya makin menipis, dia pun sering tidur di emper-emper jalan atau di mana pun yang bisa digunakannya untuk beristirahat.

Seorang pendeta yang bersimpati kepadanya kemudian mengizinkan Walt Disney tinggal di gudang gereja, dengan syarat Walt Disney mau membuatkan gambar kartun untuk keperluan komunikasi gereja tersebut. Di gudang tempatnya tinggal itulah Walt Disney sering menjumpai tikus-tikus berkeliaran. Karena dia kesepian, dia pun bersahabat dengan dua ekor tikus.

Dua ekor tikus sahabatnya itu lalu dijadikannya sebagai ilustrasi untuk menjadi gambar kartun poster serial untuk anak-anak gereja. Tak dinyana, kartun-kartun tikus itu sangat digemari. Kelak, kedua tikus itu menjadi tikus-tikus paling terkenal di dunia; Mickey Mouse dan Minnie Mouse.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa Judul Film Pertama di Dunia?


Pada 20 Desember 1895, Lumiere Brothers mendemonstrasikan penemuan mereka pertama kali ke muka khalayak ramai di Grand Café, Boulevard des Capuccins, Paris. Penemuan itu adalah sebuah tontonan berupa gambar-gambar bergerak yang dipampangkan pada sebuah layar. Sejak itulah dunia mengenal sebuah hiburan baru yang menakjubkan, bernama film, dan tanggal 20 Desember 1895 dinyatakan sebagai hari lahirnya sinematografi di dunia. Namun film itu belum memiliki judul.

Selain itu, era sinematografi di dunia diawali dengan film-film bisu, yang hanya diiringi suara musik. Film-film pada masa itu hanya menampilkan gerakan para pemainnya, dan yang terdengar hanya musik latar belakang. Selama bertahun-tahun, para peneliti di berbagai negara berupaya mencari cara agar film dapat bersuara—agar penonton film bisa mendengar percakapan para pemain film yang ditontonnya.

Akhirnya, pada 6 Oktober 1927, teknologi untuk memasukkan suara percakapan ke dalam film ditemukan, dan film bersuara pertama yang dirilis di dunia berjudul “Jazz Singer”, produksi Warner Bros. Film itu disutradarai Alan Crosland, dan diperankan oleh Al Jolson, May McAvoy, Warner Oland, serta Cantor Rosenblatt.

“Jazz Singer” diputar pertama kali di Warners Theater di New York City, memecahkan rekor box office, dan seketika menjadikan Warner Bros sebagai distributor film utama di Hollywood.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Televisi Siaran Pertama kali?


Siaran televisi pertama kali di dunia terjadi pada 11 Mei 1939 di Berlin, Jerman. Sejak itulah dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual.

Stasiun televisi di Jerman itu diberi nama “Nipkow”, sebagai bentuk penghargaan kepada Julius Paul Gottlieb Nipkow, ilmuwan terkenal Jerman yang menjadi salah satu penemu alat televisi. Peranan besar Paul Nipkow dalam penemuan televisi berkaitan dengan penemuannya pada cara mengubah gambar menjadi gelombang, dan pengubahan kembali gelombang tersebut menjadi gambar.

Sebelumnya, pada tahun 1873, seorang operator telegram asal Valentia, Irlandia, bernama Joseph May, menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistansi elektris selenium. Ia menyadari hal itu bisa digunakan untuk mengubah cahaya ke dalam arus listrik dengan menggunakan fotosel selenium (selenium photocell).

Kemudian, Joseph May bersama Willoughby Smith, seorang teknisi dari Telegraph Construction Maintenance Company, melakukan beberapa percobaan yang selanjutnya dilaporkan pada Journal of The Society of Telegraph Engineers. Hal itu merupakan embrio dari teknologi perekaman gambar.

Beberapa tahun setelah itu, pada tahun 1884, Paul Nipkow di Berlin, Jerman, berhasil menciptakan sebuah piringan metal kecil yang bisa berputar dengan lubang-lubang di dalamnya, dan penemuan itulah yang menjadi cikal-bakal lahirnya televisi. Melalui temuannya tersebut, Nipkow berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.

Sekitar tahun 1920, John Logie Baird (1888-1946) dan Charles Francis Jenkins (1867-1934) menggunakan piringan karya Paul Nipkow di atas untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Mereka membuat seluruh sistem televisi tersebut berdasarkan sistem gerakan mekanik, baik dalam penyiaran maupun penerimaannya, hingga akhirnya televisi berhasil mengudara pertama kali pada 1939.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Bagaimana Lahirnya Lemari Es?


Pengetahuan tentang mengawetkan bahan makanan dengan cara mendinginkannya, telah diketahui sejak berabad-abad yang lampau. Namun, selama beberapa abad itu manusia mendinginkan bahan makanan mereka dengan cara yang sangat tradisional atau bahkan primitif, yaitu dengan membungkus makanan dan menguburkannya dalam es atau salju alami.

Pada abad ke-14, bangsa Cina mengetahui bahwa penguapan air garam menyerap panas, sehingga wadah yang ditempatkan dalam air garam akan menjadi dingin. Pengetahuan itu kemudian sampai di Italia pada abad ke-17. Dua abad kemudian, manusia mulai memikirkan suatu peralatan khusus yang dapat digunakan untuk mendinginkan bahan makanan.

Upaya itu pertama kali dilakukan oleh Oliver Evans pada tahun 1805 di Pennsylvania, dilanjutkan oleh Dr. John Gorrie pada tahun 1844 di Florida, kemudian dikembangkan oleh James Harrison pada tahun 1855 di Australia. Namun, semua upaya itu belum dapat dikatakan berhasil, sampai Ferdinand Carre di Prancis membuat alat serupa dengan menggunakan senyawa pendingin yang mudah menguap seperti amonia, yang disirkulasikan menggunakan kompresor.

Meskipun mesin kreasi Ferdinand Carre dianggap baik, namun ukurannya yang amat besar menjadikannya sulit dipindah-pindahkan. Pada tahun 1873, Karl von Linde mengubah desain mesin Ferdinand Carre, sehingga mesin pendingin buatannya lebih ringan dan mudah dipindah-pindahkan. Sementara itu, Ferdinand Carre mendesain kapal berpendingin yang ditujukan untuk mengirimkan daging beku dari Argentina ke Prancis, pada tahun 1877, dan itu merupakan kapal berpendingin pertama di dunia.

Lemari es pertama kali yang dianggap efisien lahir di Chicago pada tahun 1913, yang lalu diperbaiki desainnya pada 1918. Delapan tahun kemudian, pada 1926, perusahaan General Electric memperkenalkan kompresor lemari es yang terisolasi secara kedap udara. Lemari es tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat, hingga kemudian General Electric melahirkan inovasi yang jauh lebih baik pada tahun 1939, yaitu lemari es yang dapat digunakan untuk dua temperatur—satu bagian untuk mendinginkan, satu bagian untuk membekukan—dan sejak itulah dunia mengenal lemari es modern.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa sih Karbon Radioaktif 14 itu?


Karbon Radioaktif 14 atau Karbon-14, adalah isotop radioaktif karbon dengan inti yang mengandung 6 proton dan 8 neutron. Keberadaannya dalam bahan organik adalah dasar dari metode penanggalan radiokarbon untuk memperkirakan umur pada sampel-sampel arkeologi, geologi, dan hidrogeologi. Dengan keberadaannya, maka umur benda-benda arkeologi dapat ditentukan.

Karbon adalah salah satu unsur kimia yang dikandung setiap makhluk hidup dalam bentuk macam-macam bahan biokimia, dalam protein, karbohidrat, hormon, enzim, dan sebagainya.

Pada zaman dulu, ilmu kimia yang mempelajari bahan kimia berbasis karbon disebut kimia organik, karena dulu orang yakin bahwa satu-satunya tempat bagi bahan kimia tersebut adalah makhluk hidup. Namun sekarang telah diketahui bahwa kita dapat membuat segala macam bahan kimia organik berbasis karbon dari minyak bumi tanpa harus mengambilnya dari tumbuhan atau hewan.

Tetapi, karbon dalam makhluk hidup memiliki perbedaan penting dari karbon yang dikandung bahan-bahan bukan makhluk hidup—seperti batu bara, minyak bumi, dan mineral. Karbon dari makhluk hidup mengandung sejumlah kecil atom karbon jenis tertentu yang disebut Karbon-14, sedangkan karbon dari bukan makhluk hidup hanya mengandung atom-atom Karbon-12 dan Karbon-13. Ketiga macam atom karbon yang berbeda tersebut dinamakan isotop karbon—mereka memiliki perilaku sama secara kimiawi, namun memiliki berat atau massa yang berbeda.

Karbon-14 memiliki keunikan tersendiri, karena selain massanya yang berbeda, karbon ini juga bersifat radioaktif, yakni tidak stabil dan cenderung melapuk, terpecah sambil menembakkan partikel-partikel subatom, yang disebut partikel-partikel beta.

Sebenarnya, Karbon-14 termasuk jenis tes radiometrik, tetapi ada karakteristik khusus yang membedakannya. Jika tes radiometerik yang lain hanya bisa digunakan untuk menentukan umur batuan vulkanik, Karbon-14 bisa digunakan untuk memperkirakan umur makhluk hidup, karena elemen radioaktif yang ditemukan di dalam makhluk hidup hanyalah karbon-14.

Karbon-14 ditemukan pada 27 Februari 1940 oleh Martin Kamen dan Sam Ruben dari Laboratorium Radiasi Universitas California, Berkeley, meskipun keberadaannya telah diduga sebelumnya oleh Franz Kurie pada tahun 1934.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa sih Kid Atletik itu?


Kid atletik adalah seperangkat alat yang ditujukan untuk aktivitas olahraga anak-anak. Sebagaimana orang dewasa yang memerlukan fasilitas atau alat olahraga standar, anak-anak pun memerlukan peralatan olahraga yang sama, namun yang sesuai dengan kebutuhan mereka, atau disesuaikan dengan sifat dan kemampuan anak-anak. Tujuannya tentu untuk keperluan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Karena ditujukan untuk anak-anak, maka peralatan olahraga yang digunakan dalam kid atletik bukan barbel berat atau tongkat lembing dan butiran-butiran besi untuk aktivitas tolak peluru, melainkan alat-alat yang sifanya lebih ringan, yang ditujukan untuk aktivitas gerak semisal lari, lompat, lempar, dan lain-lain.

Di antara kid atletik adalah turbo (mirip anak panah namun lebih ringan yang ditujukan untuk aktivitas lempar), gawang (yang ditujukan untuk aktivitas lompat), matras, dan lain-lain.

Yang jelas, kid atletik dibuat dengan tujuan untuk memenuhi minat anak-anak dalam aktivitas gerak, mengenalkan dasar-dasar gerakan atletik dalam bentuk permainan, merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta memelihara kesehatan, menghindari rasa bosan pada anak-anak, dan memberikan solusi bagi anak-anak pecinta olahraga dalam mendapatkan peralatan yang tepat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Apa Isi SMS Pertama di Dunia?


Semenjak tahun 1980-an, para ahli dalam bidang telekomunikasi seluler telah mulai mendiskusikan kemungkinan mengirim pesan teks melalui telepon seluler. Rencana itu akhirnya dimatangkan pada tahun 1985, setelah diskusi yang dipimpin J. Audestad memutuskan untuk menjadikan layanan pengiriman pesan teks (yang kemudian disebut SMS) menjadi salah satu fasilitas telepon seluler yang menggunakan sistem GSM.

Namun proses perwujudannya tidak mudah. Baru pada tahun 1992 rencana itu terwujud, dan SMS pertama di dunia dikirim pada tanggal 3 Desember 1992. SMS bersejarah itu dikirim oleh Neil Papwort kepada Richard Jarvis, menggunakan komputer dengan difasilitasi jaringan GSM milik operator telepon Vodafone. Isi teks dalam SMS pertama itu berbunyi, “Merry Christmas”.

Itu SMS pertama yang dikirim menggunakan komputer. Sementara SMS pertama yang dikirim menggunakan telepon seluler berbasis jaringan GSM diklaim dilakukan oleh mahasiswa teknik di perusahaan Nokia, bernama Riku Pihkonen. Sayangnya, dia sudah lupa apa isi SMS yang dikirimkannya tersebut.

Secara komersial, SMS (Short Message Service) diluncurkan di Los Angeles, oleh perusahaan Logica, pada Juni 1993. Bisnis itu kemudian diikuti oleh Telenor di Norwegia, dan BT Cellnet di Inggris pada tahun yang sama.

Pada waktu pertama kali dikembangkan, penggunaan SMS belum memasyarakat seperti sekarang. Waktu itu rata-rata pengguna telepon GSM hanya mengirimkan 0,4 SMS per bulan. Hal itu terjadi karena fasilitas pengiriman SMS yang masih sangat terbatas. Namun, dalam perjalanannya, SMS kemudian menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Lonjakan penggunaannya secara mengejutkan terjadi pada tahun 2000.

Di tahun 2000, rata-rata setiap pengguna telepon seluler GSM mengirimkan 35 SMS setiap bulan. Pada tahun 2006, keuntungan dari bisnis SMS yang diraih semua operator GSM di seluruh dunia mencapai 60 miliar dolar US. Harga rata-rata pengiriman SMS di dunia sebesar 0,11 dolar US. Di masa kini, SMS hampir menggantikan semua kebutuhan komunikasi—dari ucapan selamat ulang tahun, undangan perkawinan, sampai kabar kematian.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Kapan Pembalut Wanita Diciptakan?


Pembalut wanita dari bahan cellucotton dibuat pertama kali di Amerika, pada 1919. Ide pembuatan pembalut wanita itu sebenarnya “tidak sengaja”. Semasa perang, Amerika memproduksi cellucotton untuk pembalut luka di medan perang ataupun di rumah sakit militer, sebagai pengganti kapas yang langka. Bahan itu juga digunakan untuk masker tentara.

Ketika perang selesai, di Amerika terdapat kelebihan cellucotton. Akhirnya, dicarilah jalan untuk dapat memanfaatkan bahan tersebut, yang lalu memunculkan saputangan tisu dan pembalut wanita. Lima tahun kemudian, pembalut wanita pun populer dan dikenal luas di dunia.

Jauh-jauh hari, orang Mesir Kuno telah mengenal pembalut wanita, namun bentuk dan bahannya masih “tradisional’, yaitu menggunakan daun papirus yang dilembutkan serta dibentuk seperti tampon.

Kemudian, orang Yunani Kuno mengembangkan pembalut tersebut dengan menambahkan kapas halus yang dibungkus kayu kecil. Sejak itu pula, berbagai bahan mulai digunakan untuk tujuan yang sama—meliputi rumput kering, wol, kain bekas, hingga serat sayuran, yang dimasukkan ke dalam kantong lalu diselipkan di antara kedua kaki.

Pada tahun 1867, menstrual cup (mangkuk menstruasi) ditemukan. Mangkuk itu diletakkan ke dalam kantong kain yang dihubungkan dengan belt yang diikat di pinggang. Namun, karena harga menstrual cup relatif mahal, banyak orang yang lebih memilih menggunakan kain yang dapat dicuci, sehingga bisa digunakan berulang-ulang.

Baru kemudian ketika Perang Dunia I berakhir, cikal bakal disposable pads (pembalut sekarang ini) ditemukan, ketika seorang perawat semasa perang menemukan bahwa pembalut yang mereka gunakan untuk menutup luka tentara juga dapat digunakan untuk wanita haid.

Pembalut itu pertama kali diproduksi secara komersial pada tahun 1919, namun belum memiliki merek. Kotex adalah merek pembalut wanita pertama yang meluncurkan produk mereka pada tahun 1920.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Di Mana Lahirnya Bahasa Manusia?


Berdasarkan penelitian terbaru, bahasa manusia diperkirakan lahir di Afrika, karena di tempat itulah beragam bahasa manusia muncul. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Quentin Atkinson tersebut menyajikan bukti-bukti kuat bahwa bahasa manusia berasal dari Gurun Sahara di Afrika. Di tempat itu ia meneliti fonem pada 504 variasi bahasa yang ada di dunia saat ini, yang hasilnya diterbitkan di jurnal Science.

Dr. Quentin Atkinson mendapati sejumlah besar fonem ada di Afrika, dan jumlah itu menurun ketika jarak bertambah jauh dari Afrika. Hingga jumlah fonem paling kecil atau jarang, ditemukan Atkinson di Amerika Selatan dan pulau-pulau tropis di Pasifik.

Atkinson pun mencatat bahwa pola penyebaran fonem itu merupakan cerminan dari pola penyebaran berbagai gen manusia—aslinya bermula di Afrika, lalu semakin berkurang ketika bangsa-bangsa manusia tersebut mulai berekspansi menjajaki wilayah selain Afrika.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Profesor Russel Gray beserta timnya dari University of Auckland turut mendukung hal tersebut. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature itu menyebutkan bahwa—dengan metode komputasi yang diturunkan dari ilmu biologi—setiap bahasa memiliki kecenderungan berubah, tergantung budaya dan lingkungan, bukan akibat faktor pikiran.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »

Ukuran 1 Kaki itu Berapa Meter?


Di Inggris dan Amerika, ukuran “kaki” (feet—biasa disingkat ft) memang lebih sering digunakan dibanding “meter”, dan kita pun mungkin sudah sering mendengar atau membaca kalimat, “kedalaman 2.000 kaki” atau “ketinggian 4.000 kaki”. Nah, berapa meter atau berapa sentimeter sebenarnya 1 kaki itu?

Secara tepat, 1 kaki (ft) adalah 30,48 sentimeter. Namun, ukuran tersebut biasa dibulatkan menjadi 30 sentimeter untuk memudahkan penghitungan. Jika dalam ukuran inci, 1 kaki sama dengan 12 inci, sementara 1 inci sama dengan 2,5 sentimeter.

Jadi, kalau ada ucapan atau tulisan yang menyebutkan “tinggi gedung itu 3.000 kaki”, maka penghitungan mudahnya adalah dengan mengalikan 3.000 (kaki) dengan 30 (sentimeter). Maka hasilnya adalah 90.000 sentimeter atau 900 meter.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Read more »