Mengapa Wanita Dilarang Masuk ke Gunung Athos?


Gunung Athos adalah gunung yang terletak di semenanjung Makedonia, bagian utara Yunani, dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Memiliki luas 390 kilometer persegi, tempat itu merupakan rumah bagi sekitar 1.400 biarawan Yunani. Karena pemandangannya yang indah, Gunung Athos pun sering dijadikan tujuan wisata. Namun, ada peraturan aneh di tempat itu, karena para wanita dilarang memasukinya.

Alasan wanita dilarang memasuki Gunung Athos, karena wilayah itu merupakan tempat suci bagi para biarawan untuk melarikan diri dari dunia modern. Bahkan, tamu laki-laki pun diatur dengan sangat ketat. Setiap hari, hanya 100-an pengunjung laki-laki yang diperkenankan masuk ke sana.

Sebenarnya, Gunung Athos merupakan negara otonom di bawah kedaulatan Yunani. Di Gunung Athos terdapat puluhan biara kuno, dan para biarawan menjalani kehidupan mereka yang bersahaja di tempat itu—jauh dari hiruk-pikuk dunia modern. Wisatawan yang datang ke sana kebanyakan dalam rangka studi keagamaan, atau memang melakukan perjalanan religius.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Nature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar