Gunung apa yang Paling Besar di Eropa?

Ilustrasi/tribunnews.com
Gunung terbesar di Eropa adalah Gunung Etna (atau Aetna), yang dalam nama lokal disebut Gunung Mongibello. Gunung Etna merupakan gunung berapi aktif yang terletak di pesisir timur Sisilia, dekat Messina dan Catania. 

Tingginya mencapai 3.320 meter, dengan keliling dasar sepanjang 140 kilometer. Tinggi gunung itu tiga kali lipat dibanding gunung Vesuvius, yang merupakan salah satu gunung tertinggi di sana. Karenanya, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di Italia. 

Selain itu, Etna juga mencakup wilayah seluas 1.190 kilometer persegi, sehingga menjadikannya sebagai gunung terbesar di antara gunung-gunung berapi di Italia. 

Gunung Etna merupakan salah satu gunung paling aktif di dunia, dan hampir selalu dalam keadaan meletus. Meski begitu, gunung ini tidak dianggap terlalu berbahaya. Etna memiliki ciri khas berupa lontaran bom api, yaitu materi berupa bongkahan lava yang dimuntahkan hingga ratusan meter ke angkasa. Fenomena itu hanya dimiliki gunung yang memiliki perut dengan aktivitas tinggi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 2310655525042240513

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item