Siapa Penemu Sikat Gigi?


Orang yang dianggap menemukan konsep sikat gigi modern adalah William Addis, dari Inggris. Pada tahun 1770, ia dipenjara akibat terlibat dalam kerusuhan, dan di penjara itulah ia menemukan cikal bakal sikat gigi modern.

Di dalam penjara, William Addis membuat sikat gigi menggunakan tulang yang dilubangi kecil-kecil, lalu diisi bulu binatang yang ia dapatkan dari penjaga penjara. Bulu-bulu itu kemudian direkatkan dengan lem. Sekeluar dari penjara, William Addis mulai memproduksi sikat gigi kreasinya pada tahun 1780, dan itulah produksi sikat gigi komersial pertama di Inggris.

Meski William Addis yang menemukan konsep sikat gigi pertama kali, namun orang yang pertama kali mematenkannya adalah H. N. Wadsworth, dari Amerika, pada 7 November 1857. Di Amerika, produksi massal sikat gigi dimulai pada tahun 1885.

Hingga tahun 1930-an, orang-orang masih menggunakan tulang dan bulu binatang untuk membuat sikat gigi, sebagaimana temuan William Addis. Namun, bahan-bahan itu dianggap tidak efisien serta tidak higienis, dan bulu-bulu yang digunakan itu sering terlepas ketika orang memakainya untuk menyikat gigi.

Sampai kemudian, pada tahun 1938, perusahaan DuPont dari Amerika mulai memproduksi sikat gigi dengan bulu sintetis dari bahan nilon untuk pertama kalinya. Dari situ, bentuk dan bahan sikat gigi terus berkembang, hingga seperti yang kita kenal sekarang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar