Mengapa Kita Tidak Boleh Minum Sambil Makan?

Mengapa Kita Tidak Boleh Minum Sambil Makan?
Ilustrasi/pixabay.com
Minum sambil makan adalah meminum air di sela-sela aktivitas makan yang belum selesai. Kadang-kadang, kita minum air sebelum makan selesai karena haus, atau bisa pula karena kepedasan, dan lainnya.

Jika kita hanya meminum sedikit air, mungkin memang tidak apa-apa. Namun, jika minum segelas atau lebih di sela-sela makan, hal itu dianggap membahayakan perut, karena dapat menghambat kemampuan pencernaan, dan menyebabkan tingkat insulin berfluktuasi secara signifikan.

Apabila kita meminum air pada waktu makan, air akan diserap oleh dinding usus lambung, sehingga menyebabkan refluks asam dan heartburn. Selain itu, minum air bersamaan dengan makan juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin. Semakin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah, semakin tinggi pula kemungkinan kita menyimpan lemak di dalam tubuh.

Yang terbaik adalah meminum air sebelum atau setelah makan, untuk membantu penyerapan nutrisi. Sedang untuk menghindarkan kemungkinan kita haus ketika makan belum selesai, sebaiknya hindari makanan yang terlalu asin, karena makanan asin memicu rasa haus. 

Kemudian, sebaiknya makanlah perlahan-lahan, sehingga makanan dalam mulut terkunyah sampai halus. Makan dengan buru-buru akan menyebabkan makanan sulit tertelan, sehingga kita akan merasa perlu minum air. Dengan mengunyah makanan secukupnya, makanan akan lebih mudah masuk, selain juga memudahkan kerja perut dalam mengolah makanan yang kita masukkan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 8394493197294464558

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item