Apa yang Dimaksud Senyawa PD 404,182?


Senyawa PD 404,182 adalah senyawa yang baru-baru ini ditemukan, yang diketahui memiliki kemampuan membunuh virus HIV dengan cara membuka virus tersebut. Zihlei Chen, salah satu peneliti di A&M University, Texas, menyatakan, “Senyawa ini bersifat virusidal, yang punya kemampuan membunuh virus HIV.”

Sebenarnya, penemuan penting yang dipublikasikan di jurnal American Society of Microbiology itu ditemukan secara tidak sengaja. Pada waktu itu, Zihlei Chen sedang menguji tingkat efektivitas senyawa PD 404,182 dalam melawan virus Hepatitis C. Tapi penelitiannya kemudian mengungkapkan bahwa senyawa itu justru lebih hebat dalam melawan virus HIV. Zihlei Chen pun meyakini senyawa tersebut dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan.

Berdasarkan pemaparan Zihlei Chen, senyawa PD 404,182 memiliki beberapa kelebihan, selain aman digunakan untuk manusia. “Ketika senyawa ini kontak dengan virus HIV,” kata Chen, “virus HIV akan kehilangan material genetik dan rusak. Virus yang sudah ‘terlarut’ tersebut terpapar material genetik HIV-nya (RNA), dan dampak dari tidak stabilnya RNA ialah virus tak bisa menginfeksi.”

Selain itu, senyawa PD 404,182 juga langsung menembus protein pada bagian dinding kapsul virus HIV, dan langsung menyerang bagian dalamnya. Jika diserang langsung, virus akan kesulitan berevolusi dan tak bisa mengembangkan resistensi.

Pada saat ini, para ilmuwan pun sedang mengembangkan senyawa tersebut sebagai gel vagina yang diharapkan bisa mencegah infeksi HIV ketika berhubungan seksual, karena senyawa itu tetap hidup meski kontak dengan cairan vagina. Diharapkan, pengembangan senyawa itu juga dapat digunakan untuk membantu penyembuhan para penderita HIV/AIDS.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Iptek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar