Apa Perbedaan Cemara dan Pinus?

Apa Perbedaan Cemara dan Pinus?
Ilustrasi/istimewa
Secara botani maupun penampakan fisiknya, cemara memiliki perbedaan dengan pinus. Cemara (Casuarina sp) memiliki klasifikasi botani seperti berikut; Divisi: Spermatophyta, Sub Divisi: Angiospermae, Kelas: Dicotyledoneae, Bangsa: Verticillatae, Suku: Casuarinaceae, Marga: Casuarina.

Sedangkan pinus (Pinus sp) memiliki klasifikasi botani seperti berikut; Divisi: Spermatophyta, Sub Divisi: Gymnospermae, Kelas: Dicotyledonae, Bangsa: Pinales, Suku: Pinaceae, Marga: Pinus.

Cemara memiliki penampilan fisik sebagai berikut; Habitus: Pohon, dengan tinggi sekitar 40 meter. Batang: Tegak, berkayu, silindris, kasar, percabangan monopodial, putih kotor. Daun: Majemuk, tersebar, bentuk seperti jarum, berbuku-buku, panjang 10-15 sentimeter, warna hijau.

Bunga: Majemuk, bulir jantan silindris, tebal 1-1,5 milimeter, keputih-putihan, memiliki daun pelindung, panjang sekitar 1 sentimeter, keputih-putihan. Buah: Kotak, panjang 5-6 sentimeter, lebar 2-3 sentimeter, berwarna cokelat. Biji: Pipih, cokelat. Akar: Tunggang, warna putih kotor.

Pinus memiliki penampilan fisik sebagai berikut; Habitus: Pohon, tinggi 10-40 meter. Batang: Berkayu, bulat, tegak, keras, bercabang horisontal, kulit retak-retak beralur seperti saluran, warna cokelat. Daun: Majemuk, bentuk seperti jarum, panjang 10-20 sentimeter, pangkal diselubungi sisik berupa selaput tipis, warna hijau.

Bunga: Majemuk strobilus, berumah satu, bunga jantan bertumpuk pada tunas yang muda, panjang sekitar 2 sentimeter, bunga betina di ujung tunas yang muda, silindris, ujung runcing, bersisik, warna cokelat.

Buah: Bentuk kerucut berperisai seperti sisik, ujungnya berbentuk jajaran genjang, panjang sekitar 10 sentimeter, warna cokelat. Biji: Bulat telur, pipih, bersayap, mudah terlepas, panjang sekitar 7 milimeter, putih kekuningan. Akar: Tunggang, kuat, bercabang, warna cokelat.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Nature 7908853517415722014

Posting Komentar

  1. wah yang ini juga dijawab :D

    lalu bagaimana dengan baunya? beda atau sama?
    karena pada iklan karbol wipol disebutkan kalo wipol,, yang terbuat dari pine oil(getah pinus) memiliki aro khas hutan cemara

    begini kalimatnya >> Wipol adalah karbol wangi yang mengandung Pine Action yang efektif membunuh kuman sekaligus memberikan keharuman khas cemara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, aku nggak tahu iklan itu. Ada yang mau menambahkan?

      Hapus
    2. Kayanya sih getah pinus ga wangi deh. dan menurut websitenya perhutani: "Getah pinus yang disadap tersebut kemudian diolah untuk menghasilkan gondorukem dan terpentin yang merupakan bahan baku industri lanjutan. Gondorukem digunakan sebagai bahan baku dalam industri kertas, keramik, plastik, cat, batik, tinta cetak, politur, farmasi, dan kosmetik."

      Hapus
    3. "Getah pinus yang disadap tersebut kemudian diolah untuk menghasilkan gondorukem dan terpentin yang merupakan bahan baku industri lanjutan. Gondorukem digunakan sebagai bahan baku dalam industri kertas, keramik, plastik, cat, batik, tinta cetak, politur, farmasi, dan kosmetik." ini kata perhutani di websitenya

      Hapus
  2. bercabang horizontal maksudnya gimana?

    BalasHapus
  3. untuk batangnya pohon cemara tidak dapat dideres seperti pohon karet sedang pinus batangnya dapat dideres dan mengeluarkan getah warna putih kalau sudah kering berkristal baunya khas yang diolah/digodok sampai menjadi kayak jenang kalau di daerahPekalongan/Bandarsedayu disebut gondorukem sebagai pengganti malam dari sarang madu untuk melukis kain jadi kain batik,sebagai bahan campuran cat, apabila disuling jadilah minyak cat dan pewangi cairan penyapu lantai/kamar mandi baunya wangi lho, penuulis pernah bekerja mengolah getah pinus dari pegambilan di tempat pengumpulam sd di pabrik pengolahan caranya ya mirip mengolah minyak kelapa dari santan sampai minyak bisa di ambil dan blondo nya buat campuran sambal. bedanya kalau getah pinus semua menggumpal persis dodol warnanya ya kayak plitur merah tua kekuning kiningan, kayunya kebanyakan dipakai bahan kotak wadah buah-buahan-jeruk/tomat dll. kayunya lunak warna putih cocok untuk bahan kertas dan batang korek api seang cemara kayunya keras lurus bisa untuk bikin kosen pintu/jendela dan rangka rumahan tapi gak tahan air cepat lapuk(klau kebasahan terus menerus lho usahakan apabila untuk bahan rumah semua harus ditempat yang tidak kena langsung oleh air ya segitulah uraian kalau ada yang meringkas dan melengkapi ya terima kasih.

    BalasHapus
  4. Secara kelompok, pinus termasuk kelompok daun jarum (softwood), sedangkan cemara termasuk kelompok daun lebar (hardwood). Meskipun secara kasat mata, daun cemara berbentuk jarum, karena ketiadaan pori kayu menyebabkan pohon cemara masuk ke klas daun lebar (hardwood).

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item