Apa Manfaat Matahari bagi Bumi?


Matahari adalah sumber energi bagi kehidupan, khususnya di Bumi. Matahari memiliki peran sekaligus manfaat yang sangat penting bagi kehidupan penduduk Bumi, karena panas Matahari memberikan suhu yang tepat sehingga kelangsungan hidup organisme di Bumi dapat berlangsung.

Bumi juga menerima energi Matahari dalam jumlah yang tepat untuk membuat air tetap berbentuk cair, sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan manusia di Bumi, yang tentu saja juga berfungsi sebagai penyokong kehidupan. Kemudian, panas Matahari juga memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.

Tumbuh-tumbuhan juga memanfaatkan cahaya Matahari untuk menghasilkan klorofil dan melangsungkan fotosintesis. Dengan itu, tumbuhan pun dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen, yang berperan sebagai sumber pangan dan bermanfaat bagi hewan serta manusia. Selain itu, energi Matahari secara tidak langsung juga membantu mengubah makhluk hidup yang sudah mati hingga menjadi fosil, yang menghasilkan minyak Bumi dan batu bara sebagai sumber energi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Astronomi

3 komentar:

  1. sebagai sumber inspirasi bagi pencipta Lagu dan pujangga lain: Kasih Ibu...kepadaaa betaaaaaaaaaaaaaa.. ^^ .. Ibu=metahari, air=ayah, kalo mereka berkolaborasi jadi pelangi.. Request donk manfaat bulan bagi bumi, apa udah ada ya mm ".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, gitu ya?

      Ya, nanti dimunculin deh, manfaat bulan bagi bumi. Kayaknya sih belum pernah muncul. Tapi ngantri ya.

      Hapus
  2. wah ternyata banyak sekali ya fungsinya

    BalasHapus