Kapan Boeing 727 Terbang Pertama kali?

Kapan Boeing 727 Terbang Pertama kali?
Ilustrasi/trenasia.com
Pesawat terbang Boeing 727 terbang pertama kali pada 9 Februari 1964.

Boeing Company adalah perusahaan pembuat pesawat dan aeroangkasa yang bermarkas di Chicago, Illinois, dengan fasilitas produksi terbesar di Everett, Washington. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing dan George Conrad Westervelt pada tahun 1916. Semula, perusahaan yang mereka bangun bernama Pacific Aero Products.

Dua divisi utama Boeing adalah Boeing Integrated Defense Systems (IDS), yang berhubungan dengan produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), yang berhubungan dengan pesawat sipil.

Boeing 727 adalah pesawat produksi Boeing Company yang paling populer di dunia untuk waktu yang lama, sebelum disusul oleh saudaranya (Boeing 737). Uji coba pertamanya pada tahun 1963 berhasil dilakukan, yang menjadi awal dioperasikannya pesawat tersebut. 

Rancangan 727 adalah hasil kompromi antara United Airlines, American Airlines, dan Eastern Airlines, atas konfigurasi pendahulunya, Boeing 707. 

United Airlines menginginkan pesawat empat-mesin untuk penerbangannya di bandara ketinggian-tinggi. American Airlines menginginkan pesawat mesin-kembar dengan alasan efisiensi. Sedang Eastern Airlines menginginkan mesin ketiga untuk penerbangan di atas air. Akhirnya, ketiga keinginan maskapai itu terwujud dengan lahirnya Boeing 727 yang mampu mengakomodasi semua permintaan di atas.

Boeing 727 sangat populer karena mudah dan murah dalam perawatan, serta sesuai dengan kebutuhan maskapai pada saat itu yang menginginkan pesawat yang memadai untuk penerbangan jarak pendek hingga sedang, serta mampu mendarat di landasan pendek dengan muatan penuh di bandara-bandara di tempat wisata (terutama di negara berkembang).

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 7256288735505316963

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item