Siapakah Jimmy Donal Wales?

Siapakah Jimmy Donal Wales? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/grid.id
Jimmy Donal Wales, atau yang juga dikenal dengan Jimmy Donal “Jimbo” Wales, lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, 7 Agustus 1966. Ia adalah pendiri dan anggota Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.

Ayah Wales adalah manajer toko kelontong, sementara ibu dan neneknya mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa sekolah tradisional dengan satu ruang kelas. Di sekolah itulah Wales belajar.

Karena jumlah murid yang sekelas dengannya selalu hanya empat anak, pihak sekolah kemudian menyatukan murid-murid kelas satu hingga kelas empat, dan kelas lima hingga kelas delapan. Di masa-masa itulah Wales mulai berkenalan dengan keasyikan membaca World Book Encyclopedia.

Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, suatu sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Wales mengatakan bahwa biaya bersekolah di sana terlalu mahal untuk keluarganya, tetapi pendidikan dianggap penting. Ia menyatakan, “Keluarga saya selalu mementingkan pendidikan, suatu pendekatan yang sangat tradisional terhadap pendidikan sebagai landasan kehidupan yang baik.”

Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari universias Auburn, lalu melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan di universitas Alabama dan memperoleh gelar master dalam bidang keuangan.

Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pascasarjana, Wales mengajar di kedua universitas tersebut, namun ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5939770205025396541

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item