Apa yang Dimaksud Prosopagnosia?

Apa yang Dimaksud Prosopagnosia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/abc.net.au
Prosopagnosia adalah kondisi ketika seseorang tidak mampu mengenali wajah-wajah orang atau objek yang seharusnya sudah dikenal. Orang yang mengalami kondisi semacam itu biasanya menggunakan perasaan untuk mengenali ciri orang-orang, misalnya bau parfum seseorang, bentuk dan gaya rambut, atau bahkan gaya berjalan mereka.

Prosopagnosia juga bisa menjadi kelainan dalam mempersepsi wajah, yang membuat pelakunya kesulitan mengenali wajah, termasuk wajahnya sendiri. Keadaan itu biasanya diakibatkan kerusakan otak akut, meski bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan. Bagian otak yang berhubungan dengan prosopagnosia adalah fusiform gyrus.

Beberapa orang juga menggunakan istilah prosophenosia, yang merujuk pada ketidakmampuan untuk mengenali wajah akibat bagian occipital dan temporal lobe dalam otaknya mengalami kerusakan.

Hingga sekarang belum banyak terapi yang dikembangkan untuk kelainan ini, meski beberapa orang mencoba mengatasinya dengan strategi pengenalan terhadap beberapa ciri wajah satu per satu. Dalam strategi tersebut disertakan pula pengenalan terhadap ciri sekunder, seperti pakaian, warna rambut, bentuk badan, dan suara.

Karena wajah berfungsi sebagai ciri penting untuk melakukan identifikasi dalam ingatan, penderita juga akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5353149263667274003

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item