Kapan Terjadinya Transplantasi Ginjal Pertama?

Kapan Terjadinya Transplantasi Ginjal Pertama? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Eksperimen transplantasi ginjal mula-mula dilakukan di Prancis pada tahun 1909, dengan mengganti ginjal manusia yang rusak dengan ginjal hewan. Namun tidak ada penerima transplantasi ginjal yang selamat dalam percobaan-percobaan itu.

Perlahan namun pasti, para ilmuwan mendapati tubuh manusia selalu menolak bagian tubuh yang bukan berasal dari dirinya, dan karena itu mereka terus mencari jalan untuk mengatasi hal tersebut. Para ilmuwan kemudian mempelajari kecocokan jaringan tubuh, jenis golongan darah dan kekebalan tubuh, hingga upaya transplantasi ginjal dari manusia ke manusia mulai menunjukkan hasil yang lebih baik.

Sampai kemudian, pada 1947, Charles Hufnagel, seorang ahli bedah di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, mencoba menanamkan ginjal dari orang yang baru meninggal ke tubuh seorang wanita yang menderita penyakit ginjal akut dan didiagnosis nyawanya hanya bertahan beberapa jam lagi. Ginjal dari donor tersebut ditanam di bagian tangan pasien wanita yang sudah nyaris sekarat tersebut.

Hasilnya, operasi itu bisa dibilang sukses karena ginjal donor mulai bekerja sesaat setelah disambungkan ke aliran darah tubuh pasien. Meskipun akhirnya ginjal donor tidak berfungsi setelah beberapa hari kemudian, namun tenggang waktu itu memungkinkan ginjal asli si pasien pulih kembali.

Hampir sepuluh tahun setelah itu, penelitian dan pengembangan atas transplantasi ginjal terus dilakukan, dan upaya transplantasi ginjal manusia yang berhasil sempurna akhirnya terjadi pada 23 Desember 1954, di Rumah Sakit Peter Brigham di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dalam proses transplantasi itu, Dokter Joseph Murray mengambil ginjal dari Ronald Herrick, dan menanamkannya pada tubuh saudara kembar identiknya, Richard Herrick. Upaya tersebut memperpanjang usia Richard hingga delapan tahun, dan Ronald masih hidup serta sehat. Atas keberhasilannya itu, Dokter Murray dianugerahi hadiah Nobel Fisiologi pada tahun 1990.

Transplantasi ginjal adalah terapi penggantian ginjal yang melibatkan pencangkokan ginjal dari orang hidup atau mati kepada orang yang membutuhkan. Transplantasi ginjal menjadi terapi pilihan untuk sebagian besar pasien dengan gagal ginjal dan penyakit ginjal stadium akhir, dan menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8092527507229467818

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item