Kapan Kode Genetika Manusia Ditemukan?

Kapan Kode Genetika Manusia Ditemukan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Dua tim ilmuwan, dari Amerika dan Inggris, menyatakan telah berhasil menentukan struktur gen umat manusia pertama kali pada 26 Juni 2000. Tim dari Amerika diketuai Dr. J. Craig, sementara tim dari Inggris diketuai Dr. Francis Collins.

Di Gedung Putih, yang dihadiri presiden Amerika, Bill Clinton, tim ilmuwan itu mempresentasikan temuannya, yang juga disaksikan perdana menteri Inggris, Tony Blair, melalui saluran satelit. Dr. James Watson, yang merupakan salah satu penemu DNA pada tahun 1953, juga hadir dalam konferensi tersebut.

Dalam presentasi, dinyatakan bahwa inti sel umat manusia terdiri atas dua pasang kumpulan kromosom. Masing-masing pasangan itu terbagi menjadi 23 kromosom, dan berasal dari kedua orangtua.

Kromosom-kromosom itu terdiri dari jalinan panjang DNA (deoxyribonucleid acid) dalam bentuk pasangan spiral berganda. Jalinan itu dihubungkan oleh empat zat kimia, yaitu adenine, thymine, guanine, dan cytosine.

Keberhasilan dalam menamai urutan landasan kimiawi itu, yang masing-masing berjumlah tiga miliar dalam tiap pasangan kromosom, merupakan salah satu tonggak penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya genetika.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 7502778154116573776

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item