Kapan Badai Topan Melanda Karibia?

Kapan Badai Topan Melanda Karibia?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Badai topan melanda Kepulauan Karibia pada 12 September 1928. Topan itu telah terbentuk sejak akhir Agustus atau awal September, tak jauh dari kepulauan Tanjung Verde.

Pada 12 September, topan itu menghantam wilayah Guadeloupe dan menewaskan lebih dari 600 orang, lalu bergerak ke Puerto Rico dan menewaskan 1.000 orang, juga menyebabkan lebih dari 250.000 orang kehilangan tempat tinggal. Di dua wilayah tersebut, kerugian yang dialami akibat topan mencapai 50 juta dollar.

Tetapi itu bukan akhir bencana, karena badai topan itu masih terus bergerak, dan menyerang pantai Florida pada 16 September, yang menewaskan 2.500 orang serta mengakibatkan kerugian mencapai 25 juta dollar.

Yang lebih mengerikan, badai topan di wilayah tersebut menyapu pohon-pohon yang menjadi tempat ular berbisa, sehingga ribuan ular keluar dari sarangnya. Orang-orang yang tewas dalam bencana itu sebagian karena gigitan ular.

Badai topan berkecepatan 500 mil (800 kilometer) per jam itu juga menghancurkan bangunan gedung dan rumah, serta menghanyutkan ribuan orang.

Sebuah tanggul yang telah disiapkan untuk menghalau topan tak kuasa melawan terjangannya, dan tanggul itu pun hancur rata dengan tanah. Ketika badai itu berlalu, semua bangunan telah runtuh, kecuali dua hotel yang kebetulan dijadikan tempat pengungsian bagi 600-an penduduk.

Bencana itu memberikan pelajaran penting bagi pemerintah di sana, sehingga pada tahun 1930 sebuah tanggul beton sepanjang 135 kilometer dan setinggi 12 meter dibangun untuk berjaga-jaga jika topan yang sama kembali menerjang.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 9176881106739788903

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item