Apa yang Dimaksud Serat Optik?


Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi, sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Kabel telepon serat optik pertama kali digunakan pada 22 April 1977 di California, dipasang sepanjang 8,8 kilometer dari Long Beach dan Artemesia, dan mampu melayani 24 panggilan telepon sekaligus.

Kabel telepon di luar ruangan pertama kali dibangun pada tahun 1877, yang mencakup jarak 3 mil (4,8 kilometer). Satu tahun kemudian, pada 1878, telepon sudah dapat menggunakan switch untuk menghubungi nomor-nomor lain, dan tidak lagi menggunakan hubungan langsung. Proses penyambungan ke nomor yang dituju dilakukan oleh operator telepon.

Pada tahun 1880-an, Almond Brown Stroger menemukan sistem telepon dial. Sistem itu kemudian digunakan oleh Bell Telephone System pada tahun 1924, dan sistem penyambung otomatis tersebut kemudian disebut Sroger Switch.

Sampai kemudian, pada 1906, Lee De Forest menemukan tabung audion yang dapat digunakan di kabel telepon untuk menguatkan gelombang suara. Bell Telephone System lalu membeli hak paten Forest, dan pada tahun 1913 layanan telepon jarak jauh dibangun antara New York dan San Fransisco, menggunakan tabung vakum Forest sebagai repeater.

Ketika kebutuhan pada layanan komunikasi jarak jauh semakin terasa, Bell berkolaborasi dengan NASA membangun Telstar, satelit komunikasi pertama yang dikirimkan ke orbitnya pada tanggal 10 Juli 1962, untuk melayani telepon jarak jauh.

Akhirnya, perkembangan mutakhir sambungan telepon adalah penggunaan serat optik, yang dapat berpotensi melayani volume panggilan lebih besar dibandingkan satelit dan gelombang mikro. Sejak itu, kabel-kebel serat yang dilewatkan dari dasar laut mulai digunakan menjadi saluran komunikasi antar benua.

Hmm... ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Iptek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar