Apa sih Gestapo itu?

Apa sih Gestapo itu? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/dejournal.id
Gestapo adalah akronim dari Geheime Staatspolizei, alias polisi rahasia negara yang secara resmi diakui Nazi Jerman. Gestapo didirikan pada 26 April 1933 oleh Hermann Göring, Panglima Luftwaffe, Angkatan Udara Jerman, yang merupakan orang dekat Adolf Hitler.

Pada waktu itu, Hermann Göring membentuk Gestapo, sebagai badan yang relatif kecil, yang terdiri atas polisi politik (politische polizei), dengan tugas utama memantau dan membasmi lawan-lawan politik. Pemimpin pertama Gestapo adalah Rudolf Diels. Gestapo bekerja sebagai polisi politik, dan tidak terikat dengan organ yustisi lainnya.

Pada April 1934, Diels digantikan oleh Reinhard Heydrich. Sejak itu, Gestapo berkembang menjadi organisasi yang besar dalam memata-matai penduduk, dan melenyapkan lawan-lawan pemerintah.

Sampai kemudian, pada 17 Juni 1936, Heinrich Himmler diangkat menjadi pemimpin Gestapo atas perintah Hitler, dan setelah itu sebuah peraturan dikeluarkan yang memberikan wewenang tak terbatas bagi Gestapo untuk melakukan investigasi kasus-kasus pembelotan, spionase, sabotase, juga kasus-kasus kriminal terhadap Nazi dan Jerman.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 7205458223137326993

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item