Mengapa Laron Menyukai Cahaya?


Pada waktu-waktu tertentu, kita sering menyaksikan kumpulan laron beterbangan mengelilingi lampu rumah kita. Ketika kita memadamkan lampu, laron-laron itu pun pergi dan menghilang. Sepertinya, mereka tergila-gila pada lampu rumah kita. Apa yang terjadi dengan mereka?

Laron, yang juga dikenal sebagai semut putih (white ants), akan keluar secara bergerombol dari dalam tanah pada saat udara terasa lembap. Selama musim hujan, keadaan tanah menjadi basah, dan udara di sekiatrnya pun menjadi lembap. Pada waktu itulah, laron akan keluar mencari cahaya, dan lampu-lampu yang bersinar di rumah kita menarik perhatian mereka.

Selain untuk menghindari udara lembap, laron mencari cahaya terang untuk melakukan proses perkembangbiakan. Pada saat itu, laron sedang gencar-gencarnya mencari pasangan dan kawin di tempat yang terang pula.

Selain itu, laron hidup dalam koloni besar, seperti halnya rayap. Ketika mereka keluar secara bergerombol dari dalam tanah, mereka akan berdesak-desakan yang menjadikan sayap mereka rapuh dan hampir patah. Ketika kemudian mereka mengerubungi lampu, banyak sayap itu yang terlepas. Karena itu pula kita juga sering mendapati sayap-sayap laron di lantai rumah kita.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Fauna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar