Adakah Ikan yang Bisa Hidup Tanpa Air?

Adakah Ikan yang Bisa Hidup Tanpa Air? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/researchgate.com
Mungkin terdengar aneh, tapi ada ikan tropis yang hidup di rawa-rawa yang ternyata bisa bertahan hidup berbulan-bulan tanpa air. Salah satu jenis ikan tersebut adalah mangrove rivulus (Rivulus marmoratus) yang hidup di rawa-rawa berbakau sepanjang Benua Amerika.

Ikan itu hanya dapat tumbuh hingga ukuran 7,5 sentimeter. Berbeda dengan sebagian besar ikan yang bernapas dengan insang, mangrove rivulus bernapas dengan kulit. Ketika habitat mulai mengering, mereka bersembunyi dalam lubang-lubang tanah, bahkan tempurung kelapa atau kaleng minuman.

Dalam persembunyian, ikan-ikan tersebut bernapas dengan kulitnya, dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air. Setelah hujan tiba dan air kembali menggenangi habitat, mereka keluar dari persembunyian dan hidup layaknya ikan biasa.

Fakta menakjubkan ini pertama kali diketahui oleh Scott Taylor, seorang peneliti dari Program Tanah Lingkungan Terancam Daerah Brevard di Florida, AS, yang tanpa sengaja mengetahuinya saat melakukan penelitian di Belize, Amerika Tengah.

Berdasarkan pengujian di laboratorium, jenis ikan tropis yang dapat ditemukan di Brazil maupun AS itu dapat bertahan hingga lebih dari 66 hari tanpa air dan makanan. Yang mengejutkan, sistem metabolisme tubuhnya tetap berfungsi normal.

Selain mampu hidup berhari-hari tanpa air, ikan mangrove rivulus juga memiliki keunikan dengan kondisi seksualnya. Setiap ikan memiliki testis dan ovarium alias partenogenesis, sehingga dapat melakukan perkawinan mandiri dengan membuahi sel telurnya sendiri di dalam tubuh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Air 7803200354218646508

Posting Komentar

  1. di medan ada juga loh . Ikan yg bisa bertahan sampai 3 hari tanpa air.
    Ikan itu sering bgt jalan2 di pantai . Kata nya sih buat obat sesak nafas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, baru dengar. Namanya ikan apa tuh Bang?

      Hapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item