Siapakah Nashir Khusrou Qabadian?

Siapakah Nashir Khusrou Qabadian? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/okezone.com
Nashir Khusrou Qabadian adalah penulis dan penyair terkenal Iran yang sangat berpengaruh pada era seribu tahun lalu. Ia lahir di kota Balkh, yang sekarang masuk sebagai wilayah Afghanistan.

Semenjak kecil, Nashir Khusrou telah menjadi pembelajar yang ulung, dan ia mempelajari berbagai ilmu yang berkembang di zamannya, sekaligus menjadi penghafal Al-Qur’an. Ia mahir di bidang sastra, juga menguasai matematika, teknik sipil, astronomi, kedokteran, farmasi, juga teologi.

Karena kecerdasan serta pengetahuannya yang amat luas, Nashir Khusrou pun diminta untuk bekerja dalam pemerintahan Mahmud Ghaznawi di Persia. Ketika Mahmud Ghaznawi meninggal dan pemerintahannya digantikan Mas’ud Ghaznawi, Nashir Khusrou tetap diminta bekerja di pemerintahan.

Namun, kemudian terjadi pergolakan pemikiran di dalam diri Nashir Khusrou, dan ia lalu memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dalam dunia politik.

Setelah tidak lagi bekerja di pemerintahan, Nashir Khusrou melakukan perjalanan ke berbagai tempat, dan melakukan penelitian di bidang agama. Kisah-kisah perjalanannya itu kemudian ia tulis dalam buku berjudul “Safar Nameh”, salah satu buku yang banyak dibaca di dunia. Sedangkan karyanya yang lain, yang juga terkenal, adalah “Wajhud-Din” dan “Raushan-naiy Nameh”.

Hmm... ada yang mau menambahkan? 

Related

Tokoh 7384306606107932234

Posting Komentar

  1. mas, maaf out of topik, ini template kamu ringan banget, pake template apa sih kalo boleh tahu?

    BalasHapus
  2. buku itu udah masuk indonesia belum?? *pengen baca

    BalasHapus
  3. Yang Safar Nameh kayaknya udah masuk ke Indonesia, tapi itu udah lama banget Yen.

    BalasHapus

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item