Mitos-mitos dan Legenda dari Lautan


Apa yang dimaksud “Chimera”?

Chimera berasal dari legenda Yunani, yaitu monster mengerikan berkepala singa, bertubuh kambing, dan memiliki ekor berkepala ular.

Di masa kini, nama Chimera digunakan untuk menyebut sesosok ikan yang hidup di kedalaman laut, yang tubuhnya kelihatan seolah-olah berasal dari bagian tubuh makhluk lain. Ikan tersebut memiliki kepala berukuran besar dengan mata membelalak dan gigi-gigi menonjol seperti gigi kelinci. Tubunnya panjang, dengan ekor tipis yang menyerupai ekor tikus.


Apa yang dimaksud “Kraken”?

Kraken berasal dari mitos dan legenda Norwegia, yaitu makhluk laut berbahaya yang dianggap mengancam jika orang-orang melakukan perjalanan di laut. Dalam legenda, Kraken digambarkan sebagai monster raksasa yang memiliki banyak senjata, dan muncul dari dasar laut sambil melingkarkan tentakel-tentakelnya pada kapal-kapal yang kurang beruntung, lalu menarik kapal-kapal itu ke dasar lautan.

Diperkirakan, munculnya legenda itu berasal dari penglihatan orang terhadap cumi-cumi raksasa yang hidup di laut.


Apa yang dimaksud “Scylla”?

Scylla berasal dari legenda Yunani Kuno. Dalam legenda tersebut, diceritakan tentang peri cantik bernama Scylla yang bertengkar dengan para dewa, hingga kemudian dikutuk menjadi monster mengerikan. Digambarkan bahwa Scylla memiliki enam kepala, yang masing-masing kepalanya memiliki tiga deret gigi.

Makhluk mengerikan bernama Scylla itu dipercaya hidup di goa dasar laut, namun akan keluar ke kedalaman laut untuk berburu mangsa, yaitu lumba-lumba, ikan hiu, dan bahkan para pelaut.

Hmm... ada yang mau menambahkan? 


Artikel Terkait Fauna

6 komentar:

  1. Di Yunani ada ungkapan, "Between Scylla and Charybdis". Maksudnya adalah dilemma untuk memilih dua kejahatan yang sama buruknya.

    BalasHapus
  2. Lebih bagus lagi ditambahin gambar, Hoed! Karena buatku monster dengan enam kepala tidaklah mengerikan tapi lucu. Bisa dibayangin kalo setiap kepala punya akal sendiri-sendiri, yang satu mau makan, yang satu mau nonton dan yang lainya mau cari suami. hahaha

    BalasHapus
  3. Chimera sampai dijadikan nama sebuah senjata (tepatnya panah) disalah satu game online yang pernah saya mainkan.

    penting ngga sih? :))

    BalasHapus
  4. @Nailal Fahmi
    Aku tuh males kalau nyari-nyari gambar buat posting.
    Btw, mungkin bisa aja bayangin monster berkepala enam itu lucu. Tapi kalau beneran kamu berhadapan dengan makhluk kayak gitu, pasti nggak akan muncul kesan lucu lagi.

    Pernah nonton film Cerberus? Itu monster anjing berkepala tiga aja udah nakutin gitu. Gimana kalau kepalanya enam? :D


    @Yus Yulianto
    Chimera juga dijadikan sebagai objek masalah (tepatnya virus berbahaya) dalam film Mission Impossible 2.

    Tambahan ini sangat penting. :))

    BalasHapus
  5. Chimera kalo di komik Full Metal Alchemist itu adalah hasil transmutasi dengan menggunakan batu bijak, makhluk tak bisa mati *tp akhirnya mati juga tuh :))*

    #satulagitambahanygsangatpenting :P

    BalasHapus
  6. Chimera juga nama pohon yang tumbuh di halaman tetanggaku. Eh, itu cemara ding. :L

    BalasHapus