Bagaimana Terjadinya Crop Circle?

Bagaimana Terjadinya Crop Circle? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Hingga saat ini, tidak ada satu orang pun di dunia—baik orang awam ataupun ilmuwan dalam bidang ini—yang yakin bagaimana terjadinya fenomena crop circle. Artinya, proses terbentuknya crop circle masih merupakan misteri yang belum terpecahkan. Bahkan kapan pertama kali terbentuknya crop circle di muka bumi pun masih misteri.

Para ilmuwan yang bergelut dalam fenomena crop circle menemukan bahwa kasus pertama di dunia yang berhasil diidentifikasi adalah crop circle yang terjadi pada tahun 1678. Kisah itu terekam dalam sebuah pamflet yang diberi judul “The Mowing Devil”.

Di dalam pamflet itu, dikisahkan seorang petani (tuan tanah) yang menolak membayar upah para buruhnya, karena dinilai hasil kerja mereka tidak memuaskan. Si tuan tanah itu bahkan menyatakan lebih suka jika iblis yang menggarap tanahnya.

Malam harinya, lahan pertanian tuan tanah itu terbakar. Kemudian, pada pagi harinya, sawah si tuan tanah telah tersiangi secara tidak alami, dan membentuk suatu pola.

Itulah kisah crop circle pertama yang terekam di dunia—meski deskripsinya tidak lengkap. Walaupun sudah lama sekali, para ilmuwan tetap belum yakin apa yang menyebabkan terjadinya crop circle.

Sebagian orang kadang menyatakan crop circle adalah hasil pekerjaan UFO (Unidentified Flying Object). Spekulasi itu muncul karena kerumitan sekaligus kerapian pola geometrisnya. Namun itu baru sekadar spekulasi.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 923701582902328250

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item