Apa sih Arti Huruf R Dalam Lingkaran?


Kita pasti sering mendapati nama merek tertentu, yang dilekati lambang berbentuk huruf R dalam lingkaran. Apa sih arti lambang tersebut?

Lambang berbentuk huruf R dalam lingkaran ( ® ) memiliki maksud “Registered Trade Mark”, yang jika diterjemahkan menjadi “Merek Dagang Terdaftar”.

Suatu merek yang dilekati dengan lambang tersebut menunjukkan bahwa merek itu terdaftar pada Direktorat Paten, dan dilindungi oleh undang-undang. Artinya pula, jika kita menggunakan suatu merek tertentu yang terdaftar semacam itu tanpa izin pemiliknya, maka kita dapat dituntut ke pengadilan.

Misalnya, sarung cap X telah terdaftar pada Direktorat Paten, dengan bukti adanya lambang di atas. Kemudian, kita memproduksi sarung yang mirip dan memberikan merek yang sama (merek X), maka pemilik merek tersebut dapat menuntut kita, karena mereknya telah terdaftar, dengan tuduhan pemalsuan.

Hmm… ada yang mau menambahkan? 


Artikel Terkait Umum

22 komentar:

  1. Kenapa yg dipilih huruf R? Bukan S atau M, atau kalau perlu L,ĦξĦξ²
    Dan juga kenapa lingkaran bukan segitiga atau segiempat atau lonjong??

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna pd djaman doeloe orang2 soesa menjeboet hoeroef L. Doeloe sbenarnja itoe hoerof di boeat dgn hoerof "L",karna doeloe org mengutjap hoeroef "L" itoe, Mendjadi hoeroef "R" djadi timboellah hoeroef baroe jaitu "R". Dan bgtoe la tjritranja. Ingat....!!! Jang dimaksoed orang doeloe itoe adalah anak anak.
      Wkwkwkwkwkkk

      Hapus
  2. @MJ
    R itu kan singkatan dari Registered. Dan lingkaran dipilih karena... ya suka-suka dia laaaahh, hehe..

    BalasHapus
  3. baru tahu, tempe, sambel teri. Nais inpoh. *tukang spam lewat*

    BalasHapus
  4. @honeylizious
    Masak baru tahu?

    BalasHapus
  5. @hoeda: suwer tekewer2, aku jujur kok. *serius ini*

    BalasHapus
  6. infonya mantib !!!
    berarti :
    TM(trademark)
    ®(registered)

    BalasHapus
  7. @Achmad
    Tengkyu! Iya, ®(registered), dan TM(trademark).

    BalasHapus
  8. mau nambahin,, obat itu terdaftar di menteri keamanan dan pertahanan...

    BalasHapus
  9. tengkyu untuk tambahannya, sofi. :)

    BalasHapus
  10. kalo Ninja R, Shogun R dll. apakah itu sama juga artinya...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggaklah. Itu kan bukan R dalam lingkaran.

      Hapus
    2. Ninja sama Shogun ditempatku R-nya dlam lingkaran tuh apa artinya?

      Hapus
  11. tau dari mana tu?
    makasih dah berbagi, sangat lama udah penasaran dengan simbol itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan lihat tab "Referensi" di atas.

      Hapus
  12. © Copyright = Tanda pemberian hak cipta
    pada pengarang asli.

    ® Registered = Tanda untuk merek dagang
    yang terdaftar.

    ™ Trade Mark = Tanda untuk merek
    dagang yang tidak terdaftar khusus
    barang saja.

    ℠ Service Mark = Tanda untuk merek
    dagang yang tidak terdaftar khusus jasa
    saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan yang bagus sekali. Thank you!

      Hapus