Di Mana Penguin Hidup dan Berkembang Biak?


Penguin hanya hidup di lapisan bumi belahan selatan. Ada 16 spesies penguin yang berbeda, dan kebanyakan hidup jauh di selatan, di Antartika, di kepulauan Pasifik, atau di lautan Atlantik. Sedikit spesies hidup lebih jauh di utara, dan satu spesies bahkan hidup di kepulauan Galapagos, di dekat khatulistiwa.

Kebanyakan penguin berkembang biak di darat pada musim panas. Namun, penguin emperor berkembang biak pada musim dingin, di atas bongkahan es yang membeku. Pada bulan April, mereka biasanya berjalan hingga sejauh 100 kilometer ke tempat bersarang yang tradisional, yaitu tempat mereka kawin, kemudian penguin betina berjalan kembali ke laut sementara penguin jantan akan tinggal mengerami telur-telur mereka.

Karena hidup di tempat yang amat dingin, penguin tidak membangun sarang, dan telur mereka akan segera membeku dalam beberapa detik jika ditinggalkan di atas es. Ketika penguin betina mengeluarkan telur, penguin jantan akan menempatkan telur tersebut di antara kakinya, dan menutupinya dengan penutup hangat dari kulitnya.

Penguin jantan pula yang mengerami telur tersebut hingga dua bulan selama cuaca yang paling buruk dalam musim, sampai penguin betina kembali untuk membantu memberi makan anaknya yang baru saja menetas.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Fauna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar