Kapan Deklarasi Kemerdekaan AS Ditandatangani?

Kapan Deklarasi Kemerdekaan AS Ditandatangani? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Selama ribuan tahun, benua Amerika menjadi tempat tinggal kaum kulit merah Indian. Memasuki abad ke-15, para pelaut Eropa datang ke benua Amerika, dan sejak itu berbagai negara imperialis Eropa menduduki kawasan tersebut—terutama Inggris dan Prancis.

Seiring dengan itu, secara bertahap, jumlah imigran Eropa di Amerika semakin banyak, dan mereka pun mendatangkan budak-budak dari Afrika untuk bekerja di pertanian dan pabrik-pabrik.

Sampai kemudian, pada awal abad ke-18, mulai muncul gerakan untuk mendirikan sebuah negara independen yang terpisah dari pemerintahan Eropa. Untuk tujuan tersebut, para imigran Eropa di Amerika pun kemudian mengangkat senjata dan mengusir tentara Inggris dan Prancis yang bercokol di sana.

Gerakan itu menimbulkan berbagai tindakan represi, termasuk pembunuhan massal, dan penduduk pribumi Amerika, yaitu bangsa Indian, menjadi korban—mereka tersingkir dan hampir punah.

Sampai kemudian, pada 4 Juli 1886, perwakilan dari 13 negara bagian di Amerika Serikat menandatangani deklarasi kemerdekaan AS, yang sekaligus merupakan proklamasi kemerdekaan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 6011539319960256869

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item