Apa yang Dimaksud Perjanjian Entente Cordiale?

Apa yang Dimaksud Perjanjian Entente Cordiale? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/smithsonianmag.com
Perjanjian Entente Cordiale adalah kesepakatan yang ditandatangani oleh Inggris dan Prancis pada 8 April 1904.

Politik perluasan wilayah yang dilakukan Prancis di bawah Napoleon Bonaparte sangat merugikan Inggris sebagai negara yang menguasai lautan dunia. Akibatnya, Inggris dan Prancis pun berperang tanpa henti. Perjanjian Entente Cordiale kemudian ditandatangani oleh Inggris dan Prancis sebagai kesepakatan untuk menghentikan perang.

Kesepakatan itu, selain untuk tujuan penghentian perang, juga dibuat untuk menghadapi Jerman, yang waktu itu tumbuh menjadi saingan yang sangat kuat dalam berebut tanah jajahan dan pasaran bagi produk industri mereka. Pada waktu itu, Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia, sedang bersaing untuk menguasai wilayah Afrika.

Situasi pertentangan yang semakin runcing itulah yang menyebabkan munculnya persekutuan di antara negara-negara tersebut. Pada tahun 1882, Jerman, Austria dan Italia, membentuk persatuan militer yang disebut Triple Alliance.

Inggris dan Prancis menanggapi hal itu dengan membentuk Entente Cordiale. Pada 1907, perjanjian itu menjadi Triple Entente, setelah Rusia bergabung bersama mereka.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 7232659781243856328

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item