Siapakah Sa’di Shirazi?

Siapakah Sa’di Shirazi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/thenation.com
Syaikh Mushlihuddin Sa’di Shirazi adalah penyair termasyhur Iran.

Ia lahir di kota Shiraz, dan di sana pula ia menempuh pendidikan dasarnya di bidang sastra dan agama. Kemudian, Sa’di meneruskan pendidikannya ke kota Baghdad, dan mempelajari ilmu-ilmu yang berkembang saat itu di Madrasah Nizhamiah.

Setelah tamat, Sa’di melakukan perjalanan ke Damaskus, Palestina, Hijaz, Roma, dan negara-negara lainnya. Pengalaman perjalanannya selama tiga puluh tahun itu kemudian ia tuangkan dalam syair-syair indah yang penuh hikmah.

Salah satu karya besar Sa’di Shirazi adalah “Bustan”, yang berisi syair-syair dan untaian prosa tentang keadilan, kebaikan, cinta, sifat rendah hati, pendidikan, dan taubat. Satu tahun setelah “Bustan” terbit, Sa’di Shirazi melahirkan karya besar lain, berjudul “Gulistan”, yang kemudian menjadi legenda dalam dunia sastra. Di luar dua buku tersebut, Sa’di Shirazi juga menulis kumpulan syair lain yang terkenal.

Sa’di Shirazi meninggal pada 27 Dzulhijjah 691 Hijriyah, dan dimakamkan di kota Shiraz. Pada saat ini, makamnya menjadi salah satu objek pariwisata di Iran yang dikunjungi para pelancong dari berbagai negara.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2066254843871468530

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item