Kapan Naiknya Komunis di Rusia?

Kapan Naiknya Komunis di Rusia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Komunis mulai menaiki tampuk kekuasaan di Rusia sejak 25 Oktober 1917.

Selama bertahun-tahun, rakyat Rusia berjuang melawan para kaisarnya yang kejam dan korup. Seiring perjalanan waktu, perjuangan tersebut meluas hingga ke kalangan rakyat miskin Rusia, seperti para buruh, petani, dan penduduk desa.

Akhirnya, kelompok komunis berhasil meraih kekuasaannya, dengan menduduki pusat-pusat dan lembaga-lembaga pemerintah. Kenaikan komunis di Rusia diawali dengan Revolusi Februari yang berhasil menggulingkan Tsar Nicholas II, yang kemudian digantikan oleh Vladimir Ilyich Lenin.

Naiknya komunis di Rusia dianggap sebagai salah satu awal berubahnya alur sejarah, karena untuk pertama kalinya, sejak beribu-ribu tahun, kekuasaan tidak lagi berada di tangan minoritas melainkan ada di tangan mayoritas. Yang berlaku bukan lagi kapitalisme, melainkan sosialisme. Kondisi itu kemudian membawa dampak pada negara-negara lain, baik langsung maupun tak langsung.

Namun, pada tahun 1990-an, setelah tujuh dekade berkuasa di Soviet, pemerintahan komunis bubar. Negara-negara yang sebelumnya berada di bawah kontrol pemerintah pusat di Rusia satu per satu memisahkan diri, dan mengumumkan kemerdekaannya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 1826598010415750480

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item