Siapakah Rudyard Kipling?


Joseph Rudyard Kipling adalah penulis Inggris yang menjadi pelopor penggunaan binatang sebagai tokoh dalam fiksi anak-anak. Ia lahir di Bombay, India, pada 30 Desember 1865, dan mendapatkan pendidikan di United Service College, Inggris, dan telah memulai karir sebagai penulis sejak masa-masa kuliah.

Pada tahun 1882 sampai 1899, Kipling tinggal di Lahore, India, dan bekerja sebagai staf editor koran The Civil and Military Gazette. Selama bekerja di koran tersebut, Kipling banyak menulis cerita dan sajak-sajak tentang kehidupan kolonial di India. Kisah-kisah dan sajak yang ditulisnya secara rutin itu lalu diterbitkan dalam beberapa buku, di antaranya “Plain Tales from the Hills”, “Under the Deodars”, “Wee Willie Winkie”, dan “The Phantom Rickshaw”.

Pada akhir tahun 1891, Kipling pulang ke Inggris, setelah melanglang buana ke Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Di Inggris, ia menulis banyak kisah yang diterbitkan, dan yang paling terkenal adalah “The Jungle Book” (1894) yang juga mengantarkannya sebagai penerima hadiah Nobel dalam bidang kesusastraan.

Meskipun “The Jungle Book” dianggap sebagai karya terbesar Kipling, namun ia juga memiliki karya-karya lain yang juga dianggap tidak kalah hebat, semisal “Captains Courageous”, dan “Kim”. Novel-novel Kipling dianggap dunia sebagai cerita klasik kelas satu, dan telah dicetak terus-menerus sejak diterbitkan. Kipling meninggal dunia pada 18 Januari 1936.

Hmm… ada yang mau menambahkan?


Artikel Terkait Tokoh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar