Kapan Naiknya Adolf Hitler di Jerman?

Kapan Naiknya Adolf Hitler di Jerman? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnews.com
Adolf Hitler dan Nazi-nya menaiki tampuk kekuasaan di Jerman pada 30 Januari 1933. Setelah mengalami kekalahan dalam Perang Dunia I, Jerman dilanda situasi perekonomian yang buruk. Situasi itu kemudian dimanfaatkan Adolf Hitler untuk meraih simpati rakyat melalui partai yang dipimpinnya, Partai Nazi.

Sejak tahun 1919, Hitler telah bergabung dengan Partai Nazi, dan pada tahun 1921 dia naik menjadi pemimpin partai. Pada waktu pemilu 1930, Nazi berhasil mendapatkan mayoritas kursi di Reichstag (Parlemen Jerman). Kemudian, pada 30 Januari 1933, Hitler pun terpilih menjadi Kanselir Jerman.

Sejak menjadi kanselir itulah, Hitler memulai berbagai kebijakan yang menjadikan Nazi semakin kuat memegang kontrol pemerintahan. Dia membubarkan partai-partai sayap kiri, dan kemudian menyatakan Jerman sebagai negara dengan partai tunggal pada tahun 1933.

Upaya Hitler tidak hanya sampai di situ. Ia juga membersihkan orang-orang non-Arya dari kantor-kantor pelayanan sipil dan pengadilan, serta memasukkan orang-orang Nazi ke dalam struktur pemerintahan barunya. Organisasi buruh juga dibubarkan, dan diganti dengan organisasi Nazi. Puncaknya, Hitler juga mulai melakukan berbagai persiapan Perang Dunia II.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4130762281007264733

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item